Main Article Content

Abstract

Jembatan Balak berada di Bumiayu, Kecamatan Kedungkandang Kota Malang merupakan jembatan alternatif yang menghubungkan antara Lowokdoro dan Bumiayu yang berada di Kota Malang. Skripsi ini bertujuan merencakan ulang struktur atas jembatan Balak dan mengetahui besar anggaran yang dibutuhkan . Data-data yang diperlukan adalah denah lokasi. Metode perencanaan yang digunakan adalah LRFD (Load Resistance Factor Design). Perhitungan pembebanan SNI 1725-2016, SNI T-12-2005 dan SNI 1729-2015 Dari hasil perhitungan perencanaan jembatan didapatkan hasil gelagar memanjang menggunakan WF 300 x 300 x 10 x 15, gelagar melintang menggunakan 400 x 400 x 13 x 21, sedangkan untuk rangka batang horizontal menggunakan 388 x 402 x 15 x 15 dan untuk rangka batang diagonal menggunakan 386 x 299 x 9 x 14. Untuk rangka ikatan angin atas menggunakan Profil L 70 x 70 x 7. Sambungan pada gelagar memanjang menggunakan baut Ø12. Sambungan pada gelagar melintang menggunakan baut Ø25. Sambungan pada rangka batang menggunakan baut Ø20. Sambungan pada ikatan angin atas menggunakan baut Ø20. Pada penulangan plat lantai kendaraan untuk tumpuan menggunakan tulangan Ø12 – 150. Penulangan lapangan menggunakan tulangan Ø12 – 150.

Keywords

jembatan; profil baja; rangka batang.

Article Details

References

  1. A. Hazdhika, H. Wibisono, and S. Bangun, “PERENCANAAN ULANG JEMBATAN TUKAD BANGKUNG KABUPATEN BADUNG, BALI DENGAN METODE CABLE STAYED,” vol. XI, pp. 169–176, 2016.
  2. Badan Standardisasi Nasional, “SNI 1725:2016 Pembebanan untuk Jembatan,” Badan Standarisasi Nas., pp. 1–67, 2016.
  3. BSN, “Perencanaan Struktur Baja Untuk Jembatan,” Rsni T-03-2005, no. 9, p. 5, 2005, [Online]. Available: https://docs.google.com/file/d/0B-pXeGdiQqo2YjA4ODAzMDctZjY0Yy00Zjg0LTgyMzEtZmQ1ZWYwN2Q2MTNh/edit
  4. BSN, “STANDAR PEMBEBANAN UNTUK JEMBATAN,” Rsni T-02-2005, vol. 13, no. Ii, pp. 166–173, 2005.
  5. R. Gunawan and Morisco, “Tabel Profil KONSTRUKSI BAJA.”
  6. B. Ibrahim, “Rencana Dan Estimasi Real of Cost,” 2001.
  7. N. Rasidi, D. Ningrum, L. Gusman, and A. Jembatan, “Analisis Alternatif Perkuatan Jembatan Rangka Baja (Studi Kasus : Jembaran Rangka Baja Soekarno-Hatta Malang),” Eureka J. Penelit. Mhs. Tek. Sipil dan Tek. Kim., vol. 1, pp. 1–10, 2017.
  8. Nawir Rasidi, Dasar - dasar Struktur Beton Prategang Dasar - dasar Struktur Beton Prategang - NAWIR RASIDI - Google Buku. 2018.
  9. Nawir Rasidi, “Perbandingan Pola Retak Dan Lendutan Pada Pelat Beton Menggunakan Tulangan Konvensional Dan Wiremesh,” J. Tek. Ilmu Dan Apl., vol. 9, no. 2, pp. 72–75, 2021, doi: 10.33795/jtia.v9i2.37.
  10. R. R. Andayani, S. Sunarto, and R. Nawir, “MENGGUNAKAN GELAGAR CASTELLA BEAM ( Studi Kasus Jembatan Rejosari , Kendenglembu , Banyuwangi ),” J. Online Skripsi, vol. 1, no. 3, pp. 23–29, 2020.