Main Article Content

Abstract

Tujuan dari skripsi ini adalah merancang jaringan pipa air bersih, menentukan diameter jaringan pipa yang akan digunakan, dan menghitung biaya konstruksi. Data yang dibutuhkan adalah peta topografi, debit air, data penduduk, data fasilitas umum, dan harga satuan upah dan bahan tahun 2023. Data tersebut diolah menggunakan tiga metode, yaitu aritmatika, geometrik, dan eksponensial dengan proyeksi penduduk dihitung selama 15 tahun ke depan. Dilakukan analisis hidrolika untuk mengetahui debit kebutuhan air, dimensi jaringan pipa transmisi dan distribusi serta menghitung rencana anggaran biaya. Dari hasil perhitungan diperoleh proyeksi penduduk pada tahun 2033 sebanyak 64.910 jiwa, debit kebutuhan air sebesar 127,225 lt/dt, pipa yang digunakan adalah pipa HDPE berdiameter 10 inci, 8 inci, 6 inci, 4 inci.

Keywords

Dimensi Pipa, Jaringan Pipa, Perencanaan, Penduduk,

Article Details

References

  1. Bambang Triatmodjo, 1996, Hidraulika I. Yogyakarta. Beta Offset.
  2. Departemen Pekerjaan Umum. (2007). Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No: 18/PRT/M/2007 Tentang Penyelenggaraan Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum.
  3. Ditjen Cipta Karya. 1996. Kriteria Perencanaan Ditjen Cipta Karya Dinas PU. [4] Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2005 Tentang Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum.
  4. Standart Nasional Indonesia (SNI). SNI 7509-2011. Tata Cara Perencanaan teknik Jaringan Distribusi dan Unit Pelayanan Sistem Penyediaan Air Minum. Jakarta : Dewan Standarisasi Indonesia.