Main Article Content

Abstract

MAN Kota Surabaya merupakan salah satu sekolah yang memiliki banyak jumlah siswa baru setiap tahunnya. Fasilitas lahan parkir yang tersedia di MAN Kota Surabaya terbatas dan tidak diikuti dengan fasilitas parkir (off street parking) yang memadai. Hal ini terlihat dengan ketidak teraturan parkir kendaraan sebagai akibat dari tidak adanya petak parkir serta pola parkir yang jelas, sehingga daya tampung atau kapasitas parkir pada lokasi tersebut tidak memenuhi. Skripsi ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik parkir, merencanakan desain gedung parkir, mengetahui fasilitas parkir 5 tahun kedepan, dan merencanakan anggaran biaya gedung parkir. Data yang dibutuhkan adalah hasil survey lapangan berupa jumlah kendaraan keluar masuk dan durasi parkir, luas lahan parkir, dan denah parkir. Karakteristik parkir eksisting terdiri dari kapasitas ruang parkir motor 369 SRP, mobil 15 SRP dengan kapasitas total adalah 869 m², volume parkir maksimum adalah 516 SRP motor dan 19 SRP mobil, akumulasi parkir maksimum adalah 510 SRP motor dan 18 SRP mobil, rata-rata durasi parkir adalah 9 jam 9 menit 51 detik untuk motor dan 8 jam 10 menit 27 detik untuk mobil, turn over parkir adalah 2,85 untuk motor dan 1,23 untuk mobil, indeks parkir motor sebesar 1,38% dan mobil sebesar 1,16%. Rencana gedung parkir MAN Kota Surabaya seluas 720 m2 dan terdiri dari 3 lantai. Jumlah ketersediaan ruang parkir pada rencana gedung parkir MAN Kota Surabaya untuk mobil eksisting adalah 20 SRP, sedangkan kebutuhan untuk 5 tahun mendatang adalah 20 SRP. Motor eksisting adalah 542 SRP, sedangkan kebutuhan untuk 5 tahun mendatang adalah 528 SRP. Total Rencana Anggaran Biaya yang dikeluarkan untuk membangun gedung parkir adalah Rp. 3.820.000.000,00.

Keywords

Parkir, Karakteristik Parkir, Kebutuhan Ruang Parkir (KRP).

Article Details

References

  1. Adil Hakimi, 2006, Analisa Perencanaan Parkir Pembangunan Auto Mall Jl. Ahmad Yani Surabaya, Tugas Akhir, Jurusan Terknik Sipil ITS.
  2. Budiati, Anik. 2015. Kajian Standarisasi Kebutuhan Satuan Ruang Parkir (SRP) Untuk Apartemen Di Surabaya. Surabaya : Fakultas Teknik Universitas Bhayangkara Surabaya.
  3. Direktorat Bina Sistem Lalu lintas Angkutan Kota, 1998. Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir no. 272/Hk.105/DJRD/96. Direktur Jendral Perhubungan Darat. Jakarta.
  4. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. 1996. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir. Jakarta : Departemen Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.
  5. Hobbs, FD. Perencanaan Teknik Lalu-Lintas, edisi kedua. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
  6. Khisty, Jotin C, Lall, Kent B, Dasar-dasar Rekayasa Transportasi, jilid 2, Erlangga, Jakarta.
  7. Messah, A.Yunita. 2012. Analisis Kebutuhan Lahan Parkir Di Rumah Sakit Umum Daerah Prof.DR.W.Z. Johannes Kupang. Jurnal Teknik Sipil Vol. 4 September 2012. Kupang : Fakultas Teknik Sipil Universitas Undana Kupang.
  8. Sudirahardjo, Ririh, 2004. Analisis Kebutuhan Ruang Parkir di Pasar Bandarjo Ungaran, Semarang.
  9. Suwarno, 2013. Analisis Kapasitas dan Karakteristik Parkir Kendaraan di Lokasi Rumah Sakit Umum (Studi Kasus RSUD Dr. Moerwardi Surakarta). Program Studi Teknik Sipil. Vol. 14 No.1.
  10. Wikrama, J.A.A. 2010. Analisis Karakteristik dan Kebutuhan Parkir di Pasar Kreneng. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 14 (2) : 160.