Main Article Content

Abstract

Pekerjaan galian terowongan pada Bendungan X menggunakan metode blasting karena jenis tanahnya adalah batuan. Hasil blasting berupa bongkahan batuan harus dipindahkan ke area stock pile sejauh 750 meter. Pengangkutan bongkahan tersebut menggunakan alat berat wheel loader dan dumpt truk. Alat tersebut terdapat beberapa type, sehingga pemilihan type alat yang tepat dan ekonomis membutuhkan optimasi untuk memperoleh jumlah alat yang optimum. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jumlah kebutuhan alat berat yang optimum dalam bentuk kombinasi alat berat dengan biaya yang paling murah. Data yang dibutuhkan yaitu gambar, spesifikasi pekerjaan, spesifikasi alat berat, dan HSPK Kabupaten X tahun 2021. Rancangan penelitian menggunakan 3 type untuk masing-masing alat berat. Metode yang digunakan untuk mendapatkan solusi optimum yaitu program linier dengan metode simpleks. Hasil optimasi pada pekerjaan galian terowongan dipilih alternatif kombinasi 2 yaitu dengan menggunakan 1 unit Wheel Loader Tipe LiuGong 816C dan 1 unit Dump Truk Tipe FE SHDK dengan total biaya Rp 638.499 per jam atau total biaya Rp1,277,261,717 selama durasi pekerjaan berlangsung.

Keywords

bangunan pengelak alat berat, optimasi

Article Details

References

  1. . ASTUTI, D. P. (2022). Permen PUPR No.01 Tahun 2022,Tentang Pedoman Penyusunan Perkiraan Biaya Pekerjaan Konstruksi Bidang Pekerjaan Umum Dan Perumahan rakyat, 8.5.2017, 2003–2005.
  2. . Elsina, K., Mandagi, L. R. J. M., Tarore, H., & Malingkas, G. Y. (2013). Optimasi Biaya Dan Durasi Proyek Menggunakan Program Lindo (Studi Kasus: Pembangunan Dermaga Penyeberangan Salakan Tahap Ii). Jurnal Sipil Statik, 1(4), 226–232.
  3. . Musthafa. 2019. Optimasi Penggunaan Alat Berat Pada Pekerjaan Timbunan Maindam Bendungan Bendo Ponorogo.
  4. . Yadam,Refly Will. Optimalisasi Penggunaan Alat Berat Pada Pekerjaan Galian Tanah (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Stock Yard Suzuki Negara,Kab.Jembrana,Bali).Jurnal Ilmiah Elektronik Infrastruktur Teknik Sipil. (2020).
  5. . Maulidia,Astri Indah. Optimasi Penggunaan Alat Berat Pada Proyek Dermaga PT.Berlian Manyar Sejahtera Gresik. JOS-MRK Volume 2, Nomor 4. (2021).
  6. . KSO Raya Konsult-BSI CEC. 2018. Dokumen KSO-Rayakonsult-BSI-CEC.