Main Article Content

Abstract

Jalan Desa Salamrejo Kabupaten Binangun Kabupaten Blitar sepanjang 5 Km merupakan jalan lokal yang mengalami kerusakan parah akibat tanah yang labil dan volume kendaraan yang terus meningkat. Skripsi ini bertujuan untuk merancang kedalaman perkerasan kaku dan memperkirakan biaya. Data yang dibutuhkan adalah California Bearing Ratio (CBR), rata-rata lalu lintas harian (LHR), dan analisis Harga Satuan Kerja (AHSP) Blitar tahun 2016. SNI Pd T-14-2003 Perencanaan Jalan Raya Perkerasan Beton Semen merupakan acuan kedalaman trotoar yang kaku. Rancangan Rigid Pavement dengan panjang jalan 5000 meter dan lebar 4 meter dengan umur rencana 20 tahun diperoleh perkerasan kaku 20 cm dengan mutu beton K-350, teralis dowel Ø 25 mm, panjang 45 cm dengan jarak 30 cm dan tie bar Ø 16 mm , panjang 100 cm dengan jarak 60 cm, seharga Rp 8.520.735.274. Dan untuk hasil desain perkerasan lentur 10 cm dengan kualitas Laston MS 744, sebesar Rp 6.821.986.777.

Keywords

perkerasan kaku perkerasan lentur perkiraan biaya tanah tidak stabil

Article Details

References

  1. AASHTO Interim Guide For Design of Pavement Structures, 1972
  2. Alamsyah, Alik Ansyori. (2005). Rekayasa Lalu Lintas. UMM Press. Malang.
  3. Aly. M. Anas. 2004. Jalan Beton Semen. Yayasan Pengembang Teknologi dan Manajemen Jakarta
  4. Bachtiar Ibrahim, 1994 dalam Dani Kurniawan, 2004 diakses melalui
  5. http://dokumen.tips/documents/kajian-rab.html pada 7 Februari 2016 pukul 19.00
  6. Departemen Pekerjaan Umum.Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Dengan Metode Analisa Komponen (SKBI – 2.3.26. 1987 / UDC: 625.73 (02)
  7. Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah.Pedoman Konstruksi dan Bangunan Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen (Pd- T-14-2003)
  8. Persyaratan Umum Sistim Jaringan dan Geometrik Jalan Perumahan (SNI 03-6967-2003)
  9. Suryawan, Ari. (2005). Teknik Sipil Praktis Perkerasan Jalan Beton Semen Portland. Beta Offset. Yogjakarta.