Main Article Content
Abstract
Ruas jalan Purworejo - Senduro kabupaten Lumajang merupakan jalur menuju kecamatan Senduro yang terkenal akan hasil alamnya dan menjadi pusat pariwisata, selain itu di Senduro juga banyak terdapat pabrik kayu. Meningkatnya volume kendaraan yang melintasi jalan ini mengakibatkan kemampuan kinerja ruas jalan Purworejo-Senduro menurun. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan tebal perkerasan kaku, rencana anggaran biaya yang diperlukan dan metode pelaksanaan. Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data sekunder berupa data LHR Kabupaten Lumajang tahun 2019, data CBR, data gambar teknis dan harga satuan dasar Kabupaten Lumajang tahun 2018/2019. Data tersebut diolah menggunakan metode Bina Marga 2017 dan Austroad serta rencana anggaran biaya dihitung dengan Permen PUPR No 28 tahun 2016. Dari hasil penelitian dengan metode Bina Marga 2017 diperoleh tebal perkerasan kaku 22 cm, tebal lean concrete 10 cm dengan total biaya senilai Rp. 20.192.632.190,02. Sedangkan untuk metode Austroad diperoleh tebal perkerasan kaku 23 cm, tebal lean concrete 15 cm dengan total biaya senilai Rp. 23.213.974.606,76. Untuk kedua metode mengunakan metode pelaksanaan yang sama.
Keywords
Article Details
References
- AUSTROADS (2008). Guide To Pavement Technology Part 2: Pavement Structural Design.
- Sidney: Australian Road Research Board
- Brilianto, Mohammad Algi., Silvia Sukirman., Welly. 2018. Pradipta Perencanaan Tebal Perkerasan Jalan Logging di Kabupaten Penajam, Kalimantan Timur.
- Direktorat Jenderal Bina Marga (2017). Manual Perkerasan Jalan (REVISI Juni 2017) Nomor 04/SE/Db/2017. Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
- Isnaini, Alfiani Yogaturida., dkk. 2019. Perancangan Perkerasan Jalan Lingkar Kota Kabupaten Wonogiri.
- Nisak, Khairun dan Hendra Saputra. 2019. Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku Dan Rencana Anggaran Biaya Pada Jalan Pangkalan Nyirih, Rupat.
- Pd T-14-2003. Pedoman Konstruksi dan Bangunan Perancangan Perkerasan kaku. Departemen Pekerjaan Pemukiman dan Prasarana Wilayah.
- .
- Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 28/PRT/M?2016. Analisis Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum.
- Rahmalia, Shinta., dkk. 2017. Evaluasi Struktural Perkerasan Kaku Menggunakan Metoda AASHTO 1993 dan Metoda AUSTROADS 2011 Studi Kasus : Jalan Cakung-Cilincing.
- Suganda, Iis., Hendra Saputra., Zulkarnain. 2018. Perencanaan Tebal Perkerasaan Kaku dengan Metode Manual Desain Perkerasaan 2017.
References
AUSTROADS (2008). Guide To Pavement Technology Part 2: Pavement Structural Design.
Sidney: Australian Road Research Board
Brilianto, Mohammad Algi., Silvia Sukirman., Welly. 2018. Pradipta Perencanaan Tebal Perkerasan Jalan Logging di Kabupaten Penajam, Kalimantan Timur.
Direktorat Jenderal Bina Marga (2017). Manual Perkerasan Jalan (REVISI Juni 2017) Nomor 04/SE/Db/2017. Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
Isnaini, Alfiani Yogaturida., dkk. 2019. Perancangan Perkerasan Jalan Lingkar Kota Kabupaten Wonogiri.
Nisak, Khairun dan Hendra Saputra. 2019. Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku Dan Rencana Anggaran Biaya Pada Jalan Pangkalan Nyirih, Rupat.
Pd T-14-2003. Pedoman Konstruksi dan Bangunan Perancangan Perkerasan kaku. Departemen Pekerjaan Pemukiman dan Prasarana Wilayah.
.
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 28/PRT/M?2016. Analisis Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum.
Rahmalia, Shinta., dkk. 2017. Evaluasi Struktural Perkerasan Kaku Menggunakan Metoda AASHTO 1993 dan Metoda AUSTROADS 2011 Studi Kasus : Jalan Cakung-Cilincing.
Suganda, Iis., Hendra Saputra., Zulkarnain. 2018. Perencanaan Tebal Perkerasaan Kaku dengan Metode Manual Desain Perkerasaan 2017.