Main Article Content

Abstract

Biaya tidak perlu (unnecessary cost) bisa terjadi pada sebuah proyek pembangunan dikarenakan proses yang komplek sehingga menjadikannya sulit untuk mencapai keseimbangan antara biaya dan kinerja. Objek penelitian ini adalah Proyek Pembangunan Gedung Terintegrasi Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan nilai penghematan biaya atau saving cost pada proyek pembangunan. Data yang digunakan adalah Rencana Anggaran Biaya (RAB), Rencana Kerja dan Syarat-syarat (RKS) dan jadwal pelaksanaan. Metode yang digunakan yaitu analisis Pareto sebagai penentuan item pekerjaan, analisis keuntungan dan kerugian, metode zero-one serta analisis life cycle cost sebagai pemilihan alternatif. Hasil penerapan value engineering pada proyek pembanguan gedung terintegrasi rumah sakit jiwa Menur Surabaya yaitu adalah pada pekerjaan kusen, pintu dan jendela gedung lanjutan dilakukan analisis. Penghematan yang didapat adalah sebesar Rp. 72,608,065.56- atau sekitar 9,7% .

Keywords

Value Engineering, Pareto, Metode Zero-One

Article Details

References

  1. Husen, A. (2009). Manajemen Proyek. Serpong: Andi.
  2. Ibrahim, H. B. (1994). Rencana dan Estimate Real Of Cost. Jakarta: PT Bumi Aksara.. Jakarta: Salemba Empat.
  3. Kaming, P. F., & Yahya, O. A. (2019). Study on life cycle costing: a case of building for private high school in Jakarta. In MATEC Web of Conferences (Vol. 258, p. 02016). EDP Sciences.
  4. Kelly, J, Male, S, (1993).Value Management in Design and Construction, Edisi 1, Univercity of Leeds, Leeds, UK
  5. Priambudhi, D. (2019). Aplikasi Value Engineering untuk Optimalisasi Pembiayaan pada Proyek Pembangunan Gedung Kuliah II UIN Suska Riau. JURNAL TEKNIK, 13(2), 161-168.
  6. Syahrul, I., & Setiono, J. (2021). STUDI VALUE ENGINEERING PADA PROYEK PEMBANGUNAN PUSAT LABORATORIUM FORENSIK KOTA JAYAPURA. Jurnal Online SKRIPSI Manajemen Rekayasa Konstruksi Politeknik Negeri Malang, 2(3), 72-77.
  7. Steven, S., & Tamtana, J. S. (2020). Penerapan Value Engineering Dalam Pemilihan Jenis Beksiting Kolom Beton Pada Konstruksi Gedung Bertingkat. JMTS: Jurnal Mitra Teknik Sipil, 3(2), 267-278.
  8. Zimmerman, LW, Hart. GD, (1982).Value Engineering, A. Practical Approach For Owner, Designer and Contractors, Edisi 14, Van Nostrand Reinhold Company, New York , USA