Main Article Content

Abstract

Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang diperlukan untuk mobilisasi, salah satunya yaitu pada ruas jalan yang menghubungkan jalan raya Pasirian sampaai area pertambangan di desa Danuredjo, kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Ruas jalan ini banyak dilalui oleh armada truk  yang mengangkut pasir dari tambang, untuk dikirim keluar daerah. Jalan yang dilalui truk pasir menyebabkan jalanan rusak,berdebu,macet bahkan menimbulkan konflik sosial. Oleh sebab itu perlu direncanakan jalan baru yang kuat,ekonomis dan nyaman sebagai alternatif jalan penghubung dua wilayah tersebut. Dilakukan perencanaan 2 alternatif trase dan hasil kajian ditetapkan alternatif trase 2 merupakan trase terbaik dari segi teknis dan biaya.Hasil perencanaan geometri pada trase tersebut yaitu 4 tikungan FC (Full Circle),4 lengkung vertikal (1 cembung dan 3 cekung) dan panjang total 5,400 km menggunakan perkerasan kaku dengan tebal 19 cm.

Keywords

perkerasan kaku jalan baru geometrik jalan

Article Details

References

  1. Bina Marga. 1987. Petunjuk Pelaksanaan Lapis Aspal Beton (Laston). Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal BinaMarga. Jakarta.
  2. Christian P. Perbandingan Perkerasan Komposit Dengan Perkerasan Kaku Terhadap Pelaksanaan dan RAB Pada Proyek Pembangunan Relokasi Jalan Tol Surabaya-Gempol Paket 3A. Rekons : Jurnal Manajemen Rekayasa Konstruksi. Vol. 4, No.2, April 2014. Polinema Halaman 165-170.
  3. Departemen Permukiman Dan Prasarana Wilayah. 2002. Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen. Jakarta : Direktorat Jenderal Bina Marga.
  4. Departemen Pekerjaan Umum. 1997. Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota. Jakarta : Direktorat Jenderal Bina Marga.
  5. Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Bina Marga. 2017. Manual Pekerjaan Jalan. (Revisi Juni 2017) Nomor 04/SE/Db/2017.
  6. Kodoatie, R.J dan Sjarief Roestam. 2005. Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu. Yogyakarta: Andi Offset.
  7. Lukman, A.F, Dessy Triana, Meassa M. Sari. Rancangan Tebal Perkerasan Kaku Jalan Lingkar Selatan Kota Cilegon. Jurnal CIVTECH. 2011.
  8. Maryono, Yonatan Kristian (2020). Perencanaan Geometrik dan Tebal Perkerasan Kaku (Ridgid Pavement) Pada Ruas Jalan Raya Pasirian Sampai Area Tambang di Desa Danuredjo, Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Skripsi Politeknik Negeri Malang.