Main Article Content

Abstract

Gedung rumah sakit merupakan salah satu sarana yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan memiliki peran yang sangat strategis dalam mempercepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Bangunan Gedung Rumah Sakit 5 lantai ini direncanakan dibangun di Jl. Raya Ampeldento, Asrikaton, kec. Pakis, Kabupaten Malang. Dalam melakukan perencanaan perhitungan dan penggambaran struktur bangunan Rumah Sakit ini menggunakan aplikasi bantuan seperti StaadPRO Connect Edition dan AutoCAD. Perencanaan gedung ini memerlukan adanya analisis khusus yang berhubungan dengan perencanaan struktur bangunan gedung untuk mendapatkan bangunan yang efisien, kokoh dan aman berdasarkan dengan peraturan-peraturan yang berlaku dan tentunya harus mempertimbangkan nilai keekonomisan bangunan tersebut. Hasil perencanaan didapatkan penulangan untuk pelat lantai dengan tulangan arah x dan y di dapatkan tulangan utama Ø 12-150 and tulangan bagi Ø8-150. Dimensi balok induk sebesar 40/60 dengan tulangan tekan lapangan  3D19 dan tulangan tarik lapangan 5D19, untuk tumpuan kanan kiri di dapatkan tulangan 7D19 untuk tulangan tarik dan 5D19 untuk tulangan tekan. Untuk balok anak di peroleh dimensi 30/40 dengan tulangan tekan lapangan 3D19 dan tulangan Tarik lapangan 3D19, untuk tumpuan kanan kiri di dapatkan tulangan 4D19 untuk tulangan tarik, dan 3D19 untuk tulangan tekan. Pada kolom diperoleh dimensi 60x60 dengan tulangan 16D22 dengan Sengkang berdiameter 13mm. Pada Fondasi yang di gunakan berupa Bored Pile dengan dimensi D=60 cm, tulangan yang digunakan menggunkanan 22D16 di sebar merata pada permukaan dalam bored pile. Sedangkan untuk pile cap dengan tebal 1500 mm dengan kebutuhan tulangan sebesar D22-100 untuk daerah Tarik dan D22-300 untuk daerah tekan untuk setiap sisinya.

Article Details

References

  1. Darwin, D. and Dolan, C. (2021). Design of concrete structures. 1st ed. New York: McGraw-Hill Education.
  2. Palit, C.M., Pangouw, J.D. and Pandaleke, R.E. (2016). Perencanaan Struktur Gedung Hotel Jalan Martadinata Manado. Jurnal Sipil Statik,
  3. Kurnia, Galang. dan Nafi’ah Ulin Putri. (2019). Perencanaan Struktur Gedung Lima (5) Lantai Rumah Susun Lokasi Sumurboto Semarang. Semarang.