Main Article Content

Abstract

Proyek Perkuatan Dermaga Pelabuhan Benoa Paket A Bali merupakan proyek pengembangan sektor transportasi laut dengan konsep Bali Maritime Tourism Hub (BMTH). Proyek yang dibangun pada area padat bangunan dan dekat kawasan wisata air yang sebagian besar merupakan Capital Dredging ini, terdiri dari 6 zona Pengerukan dan pekerjaan Retaining Wall sepanjang 160 meter. Proyek ini tergolong proyek skala besar dengan luasan area pekerjaan yang terbatas dan mobilisasi alat dan material yang cukup sulit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat perencanaan proyek alternatif yang meliputi struktur organisasi, tata letak, manajemen lalu lintas, strategi dan metode pelaksanaan, rencana mutu, keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan (K3L), serta penjadwalan proyek dan Rencana Anggaran Pelaksanaan Proyek. Data yang digunakan adalah shop drawing, Rencana Kerja dan Persyaratan, serta HSPK Kota Denpasar Tahun 2022. Perencanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja ditinjau berdasarkan Peraturan Menteri PUPR No. 10 Tahun 2021. Penjadwalan proyek menggunakan bantuan dari Microsoft Project 2016. Hasil dari perencanaan adalah struktur organisasi proyek matriks, site layout dengan penempatan lokasi bangunan penunjang, perencanaan manajemen lalu lintas dengan sistem satu pintu, strategi dan metode pelaksanaan dengan zoning area, rencana mutu berdasarkan SOP (Standard Operational Procedure), rencana keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan yang  meliputi identifikasi bahaya, pembentukan struktur organisasi HSE, rencana peralatan HSE, dan jadwal pelaksanaan HSE, serta durasi pelaksanaan proyek selama 365 hari kalendar. Rencana Anggaran Pelaksanaan mengalami perubahan ruang lingkup dan mengalami kenaikan 1.13% menjadi Rp. 498.957.792.914,20. Kenaikan nilai terjadi karena adanya pekerjaan tambah kurang berupa addendum nilai proyek.

Keywords

project planning, pelabuhan, pengerukan, jadwal, biaya

Article Details

References

  1. Wulfram I. Ervianto, 2005. Manajemen Proyek Konstruksi. Yogyakarta: Andi
  2. Widiasanti, Irika & Lenggogeni, 2013. Manajemen Konstruksi. Bandung: Remaja Rosdakarya
  3. Santosa, Budi, 2009. Manajem Proyek Konsep & Implementasi. Yogyakarta: Graha Ilmu
  4. Husen, Abrar. 2011. Perencanaan Penjadwalan & Pengendalian Proyek. Yogyakarta: CVAndi Offset
  5. Soeharto, Iman. 1995. Manajemen Proyek: Dari Konseptual Sampai Operasional Jilid 1. Jakarta: Erlangga
  6. Kramadibrata, Soedjono. 2002. Perencanaan Pelabuhan. Bandung: Penerbit ITB.
  7. Triatmodjo, Bambang. 2010. Perencanaan Pelabuhan. Yogyakarta: Beta Offset Yogyakarta
  8. Vlasblom, W.J. (2003). Introduction to Dredging Equipment. Netherland: Delft. University of Technology.
  9. Mashuri, Affan, 2021. Strategi dan Metode Pekerjaan Pemancangan Tiang Pancang Proyek Dermaga Terminal Petikemas Belawan Sumatera Utara. Jurnal Online Skripsi Manajemen Rekayasa Konstruksi Politeknik Negeri Malang, 2(2), 7-13.
  10. Purnama, F. P (2021) Perencanaan Alat Berat Pembangunan Dermaga Peti Kemas Fase 2 Kecamatan Belawan Kota Medan Sumatera Utara.