Main Article Content

Abstract

Stabilisasi tanah merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan daya dukung tanah yang tidak stabil dengan menggunakan bahan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik tanah asli dan pengaruh penambahan abu ampas tebu terhadap parameter kuat geser tanah di Dusun Brau, Kota Batu. Penelitian ini meliputi uji kadar air, uji berat isi, uji berat jenis, uji ayakan dan hidrometer, uji batas-batas Atterberg, serta uji geser langsung. Pada penelitian ini digunakan campuran abu ampas tebu dengan persentase 15%, 20%, 25%, 30%, dan 35% dari berat tanah dengan waktu pemeraman masing-masing 1 hari, 7 hari, dan 14 hari. Pengujian dilakukan di Laboratorium Mekanika Tanah Politeknik Negeri Malang. Berdasarkan sistem USCS, hasil penelitian menunjukkan tanah di Dusun Brau termasuk dalam klasifikasi pasir berlempung dan pasir berlanau (SC-SM).  Hasil indeks plastisitas tanah asli sebesar 10.34% dan cenderung mengalami penurunan pada tanah yang distabilisasi hingga mencapai 2.27% dengan persentase campuran 25%. Pengujian sifat mekanis pada tanah asli menghasilkan nilai sudut geser (f)= 55.02º, dan kohesi (c) = 0.017 kg/cm2. Pada tanah yang telah distabilisasi abu ampas tebu, nilai sudut geser (f) tertinggi dicapai pada persentase campuran 25% dengan pemeraman 1 hari yaitu sebesar 68º. Nilai kohesi tertinggi dicapai pada persentase campuran 15% dengan pemeraman 14 hari yaitu sebesar 0.54 kg/cm2. Hasil uji hipotesis menggunakan metode ANOVA dua arah, menunjukkan bahwa penambahan limbah abu ampas tebu dengan waktu pemeraman tertentu berpengaruh signifikan terhadap parameter kuat geser tanah. 

Keywords

abu ampas tebu stabilisasi tanah klasifikasi tanah batas-batas atterberg uji geser langsung

Article Details

References

  1. Al-Rawas, A. A., & Goosen, M. F. A. (2006). Expansive Soils: Recent advances in characterization and treatment. Taylor & Francis E-Library, 53(9), 1689–1699.
  2. Pratama, B. B., Hendri, O., & Sarie, F. (2021). ANALISIS PENINGKATAN NILAI KUAT GESER TANAH GAMBUT DENGAN BAHAN STABILISASI ABU AMPAS TEBU DAN KAPUR. Jurnal Kacapuri : Jurnal Keilmuan Teknik Sipil, 4(2). https://doi.org/10.31602/jk.v4i2.6439