Main Article Content

Abstract

Ruas Jalan Tanjung - Jalan Cemara, yang terletak di Kota Blitar merupakan Jalan Provinsi yang pergerakan lalu lintasnya cukup tinggi. Permasalahan yang terjadi yaitu banyaknya kerusakan jalan sehingga dapat mengganggu kenyamanan dalam berkendara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kerusakan jalan, mengetahui tingkat kerusakan jalan, memberikan bentuk penanganan, dan menghitung Rencana Anggaran Biaya (RAB). Untuk menyelesaikan permasalahan diatas maka dilakukan studi literatur untuk pemecahan masalah, pengumpulan data yaitu data primer meliputi survei kondisi kerusakan pada permukaan jalan dan data sekunder meliputi data lokasi penelitian dan harga satuan pekerjaan PUPR Tahun 2022. Untuk menganalisis kondisi jalan dan bentuk penanganan kerusakan jalan mengacu pada pedoman Indeks Kondisi Perkerasan (IKP) Pd-01-2016-B. Dari hasil analisis didapat jenis kerusakan yang terjadi yaitu retak kulit buaya, retak blok, retak tepi, retak memanjang/melintang, tambalan, lubang, alur, pelepasan butir. Dari hasil analisis kelas kondisi jalan didapatkan pada lajur 1 dominan kondisi sedang (33%) dan lajur 2 dominan kondisi sedang (35%). Jenis penanganan termasuk dalam kategori pemeliharaan struktural dan pemeliharaan berkala. Rencana perbaikan berupa latasir, laburan aspal, penambalan lubang, dan pengisian celah, pekerjaan galian perkerasan beraspal dengan Cold Milling Machine dan pekerjaan laston lapis aus AC-WC; dengan rencana anggaran yang dibutuhkan untuk pekerjaan perbaikan sebesar Rp2,429,756,000 (Dua Miliar Empat Ratus Dua Puluh Sembilan Juta Tujuh Ratus Lima Puluh Enam Ribu Rupiah)

Keywords

Indeks Kondisi Perkerasan (IKP) kerusakan jalan penanganan jalan

Article Details

References

  1. Direktorat Jenderal Bina Marga, 2011. Perbaikan Standar untuk Pemeliharaan Jalan No. 001-2/M/BM/2011. Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga. Jakarta.
  2. DPUPR Grobogan. 2014 ‘Konstruksi Perkerasan Lentur (Flexible Pavement)’, dilihat 16 Januari 2023, <https://dpupr.grobogan.go.id/info/artikel/29-konstruksi-perkerasan-lentur-flexible-pavement>
  3. Ferdinansyah, A. A., Poerwanto, J. A., & Sasongko, R., 2022, Analisis Kerusakan Perkerasan Jalan Raya Taman-Waru Kabupaten Sidoarjo Dengan Metode Pavement Condition Index. Jurnal Online Skripsi Manajemen Rekayasa Konstruksi (JOS-MRK), 3(3), 328-334
  4. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (2016) Penentuan Indeks Kondisi Perkerasan (IKP), SE Menteri PUPR.
  5. Keputusan Gubernur Jawa Timur, 2016 Penetapan Ruas-Ruas Jalan Menurut Statusnya sebagai Jalan Provinsi
  6. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia No. 13 Tahun 2011 Tentang Cara Pemeliharaan dan Penilikan Jalan
  7. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 1 Tahun 2022 Tentang Pedoman Penyusunan Perkiraan Biaya Pekerjaan Konstruksi Bidang Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
  8. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 03 Tahun 2012 Tentang Pedoman Penetapan Fungsi Jalan dan Status Jalan
  9. Republik Indonesia, Undang-Undang No. 2 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan
  10. Republik Indonesia, Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan
  11. Sirait, R. B. A., Syafaruddin, A. S., & Sulandari, E., 2017. Analisa Kondisi Kerusakan Jalan Raya pada Lapisan Permukaan (Studi Kasus: Jalan Raya Desa Kapur, Desa Kapur, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat). JeLAST: Jurnal PWK, Laut, Sipil, Tambang, 4(4)
  12. Soeseno, A. C., & Tajudin, A. N., 2021, Evaluasi kondisi perkerasan jalan nasional serta alternatif penanganannya (studi kasus: jalan daan mogot). JMTS: Jurnal Mitra Teknik Sipil, 753-766.
  13. Tajudin, A. N., 2021, Evaluasi Kerusakan Perkerasan Lentur Ruas Tol Jakarta-Cikampek dan Alternatif Penanganannya. JMTS: Jurnal Mitra Teknik Sipil, 837-844.