Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi masalah sistem drainase di Jalan Mawar, Kelurahan Lowokwaru, Kota Malang yang mengalami peningkatan limpasan permukaan, penurunan kualitas air dan genangan air saat musim hujan dengan melakukan penataan ulang jaringan drainase. Metode penelitian melibatkan pengumpulan data melalui survei lokasi, data sekunder termasuk topografi, site plan, hidrologi, dan penduduk, serta daftar harga untuk menghitung RAB (Rencana Anggaran Biaya). Data tersebut dianalisis untuk menentukan komponen-komponen perencanaan ulang drainase meliputi kondisi eksisting, layout jaringan drainase, uji konsistensi, perhitungan curah hujan daerah, curah hujan rancangan, debit banjir rancangan, debit limbah rumah tangga, perencanaan ulang drainase, gambar potongan dan detail, serta penyusunan RAB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran drainase eksisting tidak mampu menampung debit limpasan yang ada, dan debit banjir rancangan yang dapat ditampung oleh saluran drainase yang direncanakan adalah sebesar 0,3126 m3/detik. Dimensi saluran yang dibutuhkan bervariasi dengan dimensi terkecil untuk pasangan batu kali yaitu dengan lebar 0,4 meter dan tinggi 0,95 meter. Berdasarkan perhitungan pada saluran A2-A3 terdapat 56 lubang resapan biopori yang dibutuhkan pada penataan ulang jaringan drainase. Adapun rencana anggaran biaya untuk pembangunan saluran drainase secara keseuluuhan sebesar Rp.5.534.300.000. Implikasi penelitian ini adalah pengembangan kawasan perkotaan dapat lebih efektif dengan mempertimbangkan sistem drainase yang tepat dan berwawasan lingkungan, sehingga dapat mengurangi dampak negatif limpasan permukaan dan meningkatkan kualitas air. Selain itu, penggunaan lubang resapan biopori juga dapat menjadi solusi ramah lingkungan dalam mengelola air hujan.

Keywords

perencanaan ulang drainase perkotaan SDBL lubang resapan biopori

Article Details

References

  1. Fairizi, D. (2015). Analisis dan Evaluasi Saluran Drainase pada Kawasan Perumnas Talang Kelapa di Subdas Lambidaro Kota Palembang. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan, 3(1), 755–765.
  2. Mursitaningsih. (2009). Analisis Kinerja Saluran Drainase di Daerah Tangkapan Air Hujan Sepanjang Kali Pepe Kota Surakarta. Surakarta.
  3. Muliawati, D. N., & Mardyanto, M. A. (2015). Perencanaan Penerapan Sistem Drainase Berwawasan Lingkungan (Eko-Drainase) Menggunakan Sumur Resapan di Kawasan Rungkut. Jurnal Teknik ITS, 4(1), 16–20.
  4. Nurhapni, & Burhanudin, H. (2011). Kajian Pembangunan Sustem Drainase Berwawasan LIngkungan di Kawasan Perumahan. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, 11(1), 1–12.