Main Article Content

Abstract

Jalan Raya Krebet – Hayam Wuruk sepanjang 5,5 km merupakan jalan kabupaten yang akan mengarah ke pantai selatan malang, mengalami berbagai permasalahan. Salah satu masalah utamanya adalah kerusakan yang terjadi di jalan tersebut yaitu banyaknya tambalan yang tidak rata, yang mengakibatkan ketidaknyamanan dalam penggunaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis kerusakan yang terjadi, menganalisis tingkat kerusakan, dan memberikan solusi penanganan yang sesuai. Analisis kerusakan jalan dilakukan dengan mengacu pada pedoman Indeks Kondisi Perkerasan (IKP) Pd-01-2016-B. Data yang diperlukan ialah hasil survei kerusakan jalan yang mengikuti pedoman IKP Pd-01-2016-B, dari hasil survei yang dilakukan, teridentifikasi beberapa jenis kerusakan yang terjadi di jalan tersebut, seperti lubang, retak memanjang/melintang, retak blok, tambalan, dan retak kulit buaya. setelah ditemukan jenis- jenis kerusakan maka akan dikelompokannya jenis kerusakan tersebut sesuai tingkat kerusakannya, kemudian akan dicari nilai pengurang (NP) dan nilai pengurang terkoreksi maksimum (NPT) untuk mendapatkan nilai Indeks Kondisi Pekerasan (IKP) agar mengetahui kondisi jalan, dan cara penanganan berdasarkan nilai IKP yang didapatkan. Dalam perhitungan analisis kondisi jalan, didapatkan nilai rata-rata kerusakan sebesar 82,10. Berdasarkan metode IKP, kondisi jalan tersebut termasuk dalam kategori baik (Satisfactory). Rekomendasi penanganan kerusakan dengan cara Scrapping menggunakan Cold Milling Machine (CMM), Penambalan Lubang, Lapisan Tipis Aspal Pasir (Sand Sheet) dan pengisian celah/retak permukaan (Crack Sealing).

Keywords

kerusakan Jalan, indeks kondisi perkerasan (IKP), penanganan

Article Details

References

  1. Ar Rafidin, F (2023) "Analisis Kerusakan Jalan Metode Bina Marga Pada Ruas Jalan Raya Krebet – Hayam Wuruk Kabupaten Malang” (Skripsi, Program Studi D4 Manajemen Rekayasa Konstruksi, Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Malang)
  2. Direktorat Jendral Bina Marga. (2017). Panduan Pemilihan Teknologi Pemeliharaan Preventif Perkerasan Jalan. Jakarta: Kementrian PUPR.
  3. Maghfiroh, A., Marjono, & Asdhi P, J. (2022). Analisis Kerusakan Jalan Raya Ploso - Plandaan Kabupaten Jombang Berdasarkan Metode Bina Marga. JOS MRK, 263 - 269..
  4. Penentuan Indeks Kondisi Perkerasan (IKP) No.19/SE/M/2016. Jakarta: Kementrian PUPR.
  5. Peraturan Pemerintah No 13 Tahun 2011 tentang Tata Cara Pemeliharaan Jalan dan Penilikan Jalan. Jakarta: Kementrian PUPR Republik Indonesia.
  6. UU No 2 Tahun 2022 Tentang Perubahan Kedua Atas UU No 38 Tahun 2004 Tentang Jalan. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.