Main Article Content

Abstract

Proyek Pembangunan RSUD X berlokasi di Jl. Profesor Hamka, Kelurahan Sumber Asih, Kecamatan Kedupok, Kota Probolinggo, dengan nilai kontrak Rp.161,400,000,000 dan durasi 385 hari kalender. Pada pelaksanaan proyek ini terjadi keterlambatan dan biaya yang membengkak sehingga diperlukan Project Planning agar proses pekerjaan konstruksi selesai tepat waktu, mutu, biaya dan aman. Data yang diperlukan untuk menyusun project planning antara lain RKS, BOQ, Gambar rencana, dan HSD Kota Probolinggo tahun 2022. Setelah itu Project Planning ini dapat dirumuskan antara lain: WBS diperoleh dari item BoQ pekerjaan yang urut dari pekerjaan awal hingga selesai, Struktur Organisasi dikelompokkan berdasarkan jenisnya dan dipilih berdasarkan kebutuhan proyek, Site Layout dan Traffict Mangement dihitung berdasarkan kondisi existing dan kebutuhan fasilitas proyek, Strategi dan Metode Pelaksanaan didasarkan pada lokasi, durasi dan gambar kerja, Rencana mutu diperoleh dari pengendalian pekerjaan dan spek RKS, Rencana K3L disusun untuk mencegah terjadinya kecelakaan melalui analisa tabel HIRARC, Penjadwalan menggunakan aplikasi Microsoft Project 2016, dan Rencana Anggaran Pelaksanaan diperoleh dari perkalian BoQ dan HSPK. Project Planning ini menghasilkan: (1) WBS pada level 1 terdiri dari pekerjaan persiapan, struktur bawah, struktur atas, arsitektur dan plumbing, (2) Struktur organisasi kontraktor berbentuk struktur organisasi murni, (3) Site layout yang digunakan yaitu site layout alternatif 3, terdapat 2 gerbang proyek dan 1 Tower Crane serta fasilitas lainnya, (4) Strategi yang digunakan yaitu Zoning dengan membagi 3 zona dengan metode kerja Bottom Up, (5) Dalam rencana mutu terdapat Inspection test dan Standart Operation Procedure (SOP), Quality target dan PDCA pekerjaan (6) Dalam Identifikasi bahaya, penilaian risiko dan tabel HIRARC disusun sebagai acuan keselamatan pelaksanaan, pencegahan kecelakaan kerja, pekerja harus menggunakan APK, APD dan pemasangan rambu-rambu keselamatan (7) Durasi pekerjaan di dapat 207 hari kerja, dan (8) Rencana Anggaran Pelaksanaan sebesar Rp. 128.044.538.000.

Keywords

Project Planning Struktur Organisasi Pembagian Zona

Article Details

References

  1. Abrar, Husen. “Manajemen Proyek Perencanaan, Penjadwalan, dan Pengandalian Proyek,” Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2011.
  2. Dimyati, Hamdan & Nurjaman. Manajemen Proyek. Bandung : Pustaka Setia, 2016.
  3. Ervianto, Wulfram I. “Majemen Proyek Konstruksi,” Yogyakarta: Andi, 2005.
  4. Ikhtisholiyah. “Analasis Penerapan Manajemen Waktu Dan Biaya Pada Proyek Pembangunan Gedung Kuliah Teknik Listrik Industri Politeknik Negeri Madura (POLTERA),” Jurnal Ilmiah, 14-21, 2017.
  5. Kerzner, Harold, PhD. “Project Management, A System Approach to Planning, Scheduling, and Controlling,” Tenth Edition New Jersey: John Wiley & Sons, Inc, 2009.
  6. Lawalata, Yoses. 2020. “Analisis Estimasi Durasi dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Waktu pada Proyek Perusahaan,” 4. 361.
  7. Luthan, Putri dan Syafriandi.”Aplikasi Microsoft project Untuk Penjadwalan Kerja,” Yogyakarta: CV. Andi Offset,2006.
  8. Lydianingtias, Diah, Suhariyanto. Alat Berat. Malang: Polinema Press, 2018.
  9. Natawidjana, Rochany, Siti Nur Aisyah. Bahan Kuliah: Manajemen Proyek. UPI, 2010.
  10. Suhariyanto. “Modul Ajar Metode Pelaksanaan dan Kegagalan Konstruksi,” Politeknik Negeri Malang: Jurusan Teknik Sipil, 2019.
  11. Widiasanti, Irika dan Lenggogeni. “Manajemen Konstruksi,” Bandung: Remaja Rosdakarya,2013.
  12. Wibowo, P & Rozy, N. “Analisis Manajemen Konstruksi Pembangunan Gedung Rawat Inap Kelas III Rsud Waled Kabupaten Cirebon,” IX. 126- 130, 2020.