Main Article Content

Abstract

Simpang tak bersinyal yang terletak di Jalan Raya Paiton – Jalan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo merupakan persimpangan yang tergolong padat lalu lintas, karena merupakan kawasan industri dan terdapat pertokoan serta merupakan jalan transportasi darat yang menghubungkan Pulau Jawa dan Bali. Hal ini menyebabkan terjadinya permasalahan lalu lintas berupa kemacetan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menilai kinerja persimpangan pada kondisi eksisting dan setelah pembangunan fly over. Lebih dari itu, dapat mengetahui biaya operasional kendaraan pada kondisi eksisting dan setelah pembangunan fly over. Tambahannya adalah dapat mengetahui rencana anggaran biaya pembangunan fly over, dan kelayakan pembangunan fly over. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari geometrik simpang dan volume kendaraan yang dilakukan pada jam puncak, sedangkan data sekunder diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Probolinggo. Analisa perhitungan kinerja simpang tak bersinyal menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) tahun 1997. Hasil analisa kinerja simpang eksisting mendapatkan nilai derajat kejenuhan sebesar 0,94, tundaan (D) = 16,76 detik/smp dan tingkat pelayanan = C, sedangkan setelah penanganan alternatif diperoleh nilai derajat kejenuhan sebesar 0,27, tundaan simpang (D) = 7,33 detik/smp dan tingkat pelayanan = B. Dengan demikian, persimpangan Jl. Raya Paiton setelah pembangunan mengalami penurunan terhadap derajat kejenuhan (DS) dan tundaan simpang serta peningkatan layanan. Sehingga rencana pembangunan fly over ini dapat dinyatakan layak ditinjau dari aspek lalu lintas.

Keywords

Studi Kelayakan Fly Over Simpang tak Bersinyal Tingkat Pelayanan

Article Details

References

  1. Badan Pusat Statistik Kabupaten Probolinggo.
  2. Hidayati, R., & Widodo, S. PENGGUNAAN SOFTWARE VISSIM UNTUK ANALISA SIMPANG BERSINYAL (STUDI KASUS: JL. SULTAN HAMID–JL. TANJUNG RAYA I–JL. PERINTIS KEMERDEKAAN–JL. TANJUNG RAYA II PONTIANAK). JeLAST: Jurnal PWK, Laut, Sipil, Tambang, 5(3).
  3. MKJI (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Direktorat Jenderal Bina
  4. Marga Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta
  5. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 20/PRT/M/2011 tentang Pedoman Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi Kabupaten/Kota
  6. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia. (2015). Nomor PM 96 Tahun 2015 Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen Lalu Lintas.
  7. Undang-Undang No. 38 Tahun 2004 Tentang Jalan.
  8. Indriani, Putri D. 2023. Studi Kelayakan Fly Over pada Persimpangan Jalan Raya Paiton Kabupaten Probolinggo . Skripsi. Program Studi Diploma IV Manajemen Rekayasa Konstruksi, Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Malang. Dosen Pembimbing: (1) Dr. Drs. Burhamtoro, ST., MT. (2) Achendri M. Kurniawan, SPd., MT (Skripsi, Politeknik Negeri Malang)