Main Article Content

Abstract

Proyek Pembangunan Gedung Auditorium ini berlokasi di Area Kampus Utama Universitas Brawijaya dan dilaksanakan pada saat pelaksanaan perkuliahan sedang aktif, maka diperlukan penyusunan project planning agar proses pembangunan berjalan sesuai rencana waktu, mutu dan biaya. Penulisan skripsi ini membutuhkan data berupa Gambar Kerja, Rencana Kerja dan Syarat, Analisa Harga Satuan, dan Bill of Quantity. Dengan data yang ada ini dapat dilakukan penyusunan Work Breakdown Structure, struktur organisasi, site layout dan traffic management dengan perhitungan safety index dan travelling distance, strategi dan metode pelaksanaan, pengendalian mutu, perencanaan K3L, selanjutnya dari data Analisa Harga Satuan, Work Breakdown Structure, strategi dan metode pelaksanaan dapat dilakukan penyusunan penjadwalan pekerjaan dan Rencana Anggaran Pelaksanaan. Hasil perencanaan ini struktur organisasi disusun menggunakan bentuk organisasi fungsional. (1) Perencanaan site layout disusun sesuai hasil perhitungan safety index serta travelling distance menggunakan alternatif 2. Penyusunan traffic management memiliki 2 akses keluar masuk, (2) Strategi dan Metode Pelaksanaan menggunakan metode zonasi, (3) Rencana mutu berdasarkan Standart Operational Procedure (SOP), (4) Perencanaan K3L berdasarkan analisis HIRARC (Hazard Identification Assasement and Risk Control), (5)  Perencanaan ini menghasilkan durasi proyek sebanyak 238 hari atau 34 minggu dengan (6) Rencana Anggaran Pelaksanaan sebesar Rp54.396.000.000.00.

Keywords

auditorium sistem zoning hirarc

Article Details

References

  1. ] Akhirson, Armaini K. 1991. Pengantar Manajemen Proyek. Seri Diktat Kuliah. Jakarta : Universitas Gunadarma.
  2. ] Australian Standard/ New Zaeland. (2004). Handbook Risk Managemenet Guidlines companion to AS/NZS 4360.
  3. ] Dimyati, Hamdan dan Nurjaman Kadar, 2014, Manajemen Proyek : CV Pustaka SetiaDimyati, Hamdan dan Nurjaman Kadar, 2014, Manajemen Proyek : CV Pustaka Setia.
  4. ] Ervianto, W.I. 2005. Manajemen Proyek Konstruksi (Edisi Revisi) Edisi III. Yogyakarta: ANDI.Ervianto, W. I. 2006. Manajemen Proyek Kontruksi (Edisi Revisi). Yogyakarta: Penerbit Andi.
  5. ] Hadari Nawawi, Manajemen Sumber Daya Manusia: Untuk Bisnis Yang Kompetitif, (Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2011), hal. 42