Main Article Content

Abstract

Struktur atas KA elevated Bandara Internasional Yogyakarta menggunakan gelagar PCI, panjang bentang 35 m terdapat 7 gelagar PCI dengan tinggi 2,1 m. Perlunya optimalisasi superstruktur jalur kereta api layang bandara internasional Yogyakarta agar as rel kereta tepat berada pada as PCI Girder yang menopangnya. Permasalahan dalam perencanaan ini adalah bagaimana merancang PCI Girder pada jembatan KA Elevated, menganalisis kehilangan gaya prategang yang terjadi pada Girder PCI, memodelkan struktur jembatan KA elevated menggunakan CSI Bridge 23, kontrol untuk setiap perhitungan hasil analisis CSI Bridge 23. Tujuan dalam perencanaan ini adalah, (1) mengetahui desain PCI Girder pada jalur KA elevated, (2) menganalisis pembebanan pada jalur KA Elevated (3) mngetahui langkah-langkah pemodelan jembatan di CSI Bridge (4) mengetahui desain elemen struktur balok prategang (5) mengetahui tegangan penampang dari analisis CSI Bridge (6) menghitung biaya material bangunan atas. Perencanaan ulang struktur atas jalur kereta api elevated bandara internasional Yogyakarta dapat dilakukan dengan mengacu pada gambar teknik yang ada, data gempa bumi, peraturan menteri No 60. Tahun 2012 tentang peraturan jalur teknis kereta api, “Standar Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Jembatan” SNI 2833-2019 and panduan teknis perencanaan jembatan tahun 2021. Pemodelan jembatan menggunakan CSI Bridge 23 dan analisis data menggunakan Microsoft Excel. Perencanaan struktur atas jalur KA elevated menggunakan gelagar PCI dengan tinggi 2,1 m dan 1,7 m; kehilangan gaya prategang pada PCI Girder 2,1 m adalah 23,29 % dan 1,7 m adalah 22,60%; dan analisis kehilangan gaya prategang menggunakan CSI Bridge pada PCI Girder 2,1 m adalah 23,79 % dan 1,7 m adalah 21,644%; analisa tegangan dari hasil analisis CSI Bridge  H 2,1 m Jarak 17,5 m pada atas gelagar sebesar -2,949 MPa, pada bawah gelagar sebesar -0,796 MPa ; H 1,7 m Jarak 17,5 m pada atas gelagar sebesar -4,448 MPa, pada bawah gelagar sebesar -3,07 MPa; total biaya material adalah Rp2.685.847.214

Keywords

PCI Girder jembatan prategang CSI BRIDGE

Article Details

References

  1. ] AAHSTO. (2017). LRFD Bridge Design Spesification (8 ed). Washington DC: Association of State Highway and Transportation Officials.
  2. ] ASTM International. (2021). ASTM 421 Standard Specification For Stress-Relieved Steel Wire For Prestressed Concrete. America: American Association of State Highway and Transportation Officials.
  3. ] ASTM International. (2021). Standard Specification For Low-Relaxation, Seven-Wire Steel Strand For Prestressed Concrete. America: America Association of State Highway and Transportation Officials.
  4. ] Badan Standarisasi Nasional. (2002). SNI 03-2847 : 2002 Tentang Persyaratan Beton Strukturan Untuk Bangunan Gedung . Jakarta: BSN.
  5. ] Badan Standarisasi Nasional. (2004). SNI T-12 : 2004 Tentang Perencanaan Struktur Beton Untuk Jembatan. Jakarta: BSN.
  6. ] Badan Standarisasi Nasional. (2016). SNI 1725 : 2016 Tentang Standar Pembebanan Untuk Jembatan. Jakarta: BSN.
  7. ] Badan Standarisasi Nasional. (2019). SNI 2833 : 2019 Tentang Perencanaan Jembatan Terhadap Beban Gempa. Jakarta: BSN.
  8. ] Dewi, R. F. (2018). Analisa Kehilangan Gaya Prategang Pada Girder Dan Deformasi Pilar Pada Struktur Fly Over Kereta Api Double Track. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
  9. ] Kementrian Perhubungan. (2012). Peraturan Menteri Perhubungan PM. 60 Tahun 2012 Tentang Persyaratan Teknis Jalur Kereta Api. Jakarta: Kementrian Perhubungan.
  10. ] Miro, F. (2005). Pengantar Perencanaan Transportasi. Jakarta: Erlangga.
  11. ] Nawy, E. (2001). Beton Prategang Suatu Pendekatan Mendasar Jilid 1 Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga.
  12. ] Schank, J. (1999). Airport Access via Rail Transit: What Works and What Doesn’t. Massachusetts: Massachusetts Institute of Technology.
  13. ] Serna, P. (2013). Prestress Losses Evaluation In Prestressed Concrete Prismatic Specimens. Spain: Universitat Politecnica de Valencia.
  14. ] Soeharto, I. (1997). Manajemen Proyek (Dari Konseptual Sampai Operasional ). Jakarta: Erlangga.
  15. ] Supriyadi, B., & Mutohar, A. S. (2017). Jembatan. Sleman: Beta Offset.
  16. ] Suseno, R. (2023). Perencanaan Ulang Jembatan Bae - Besito (Karangsambung) Dengan PCI - Girder. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.
  17. ] T.Y Lin, & N.H Burns. (1993). Desain Struktur Beton Prategang Jilid 1 Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga.