Main Article Content

Abstract

Angkutan umum rute Campurdarat-Tulungagung merupakan salah satu jalur angkutan sekolah di Kabupaten Tulungagung. Seiring berjalannya waktu jumlah siswa sekolah semakin meningkat, mengakibatkan jumlah permintaan dan penawaran angkutan sekolah menjadi kurang seimbang. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja angkutan dan biaya operasional kendaraan. Analisis kinerja ini membutuhkan dua data yaitu data primer dan data sekunder. Data Primer meliputi survei statis dan survei dinamis yang berasal dari hasil survei on board. Data sekunder meliputi rute dan jumlah penumpang bersumber dari Dinas Perhubungan Kabupaten Tulungagung. Selanjutnya indikator kinerja angkutan meliputi faktor muat (load factor), kecepatan, headway, dan lama perjalanan. Analisis Biaya Operasional Kendaraan menggunakan metode Pacific Consultans International (PCI). Hasil evaluasi kinerja dari penelitian ini adalah load factor yang melebihi standar kinerja angkutan sekolah sebesar 131%, kecepatan 22,788 km/jam, dan headway 3 menit lebih 42 detik, serta biaya operasional kendaraan sebesar Rp6.661,87/km.

Keywords

angkutan sekolah biaya operasional kendaraan kinerja angkutan sekolah

Article Details

References

  1. Amrullah, M. F. (2016). EVALUASI KINERJA BUS SEKOLAH TRAYEK C DI KABUPATEN TULUNGAGUNG (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).
  2. Nashiroh, Lailatun. (2021). Evaluasi Kinerja dan Tarif Angkutan Umum Perdesaan Trayek Gadang – Karangkates Di Kabupaten Malang. Malang: POLINEMA.
  3. Rahmania, N. W. PERENCANAAN PENGOPERASIAN ANGKUTAN SEKOLAH DI KUTA SELATAN KABUPATEN BADUNG. PERENCANAAN PENGOPERASIAN ANGKUTAN SEKOLAH DI KUTA SELATAN KABUPATEN BADUNG.
  4. Zulkarnain, M. I., Hariyani, S., & Setyono, D. A. (2022). STRATEGI PENGEMBANGAN PELAYANAN BUS SEKOLAH KABUPATEN TULUNGAGUNG (STUDI KASUS: TRAYEK TULUNGAGUNG-NGUNUT DAN TULUNGAGUNG-BANDUNG). Planning for Urban Region and Environment Journal (PURE), 11(2), 29-40.