Main Article Content

Abstract

Dalam pelaksanaan Proyek Pembangunan Gedung Rumah Sakit X di Surabaya sangat diperlukan manajemen dan perencanaan yang efektif dan efisien diantaranya adalah melakukan rekayasa nilai (value engineering). Penelitian ini akan dilakukan pada proyek pembangunan gedung Rumah Sakit X di Surabaya. Tahapan dari metode value engineering diawali dari tahap informasi, tahap kreatif, tahap analisis, tahap pengembangan, dan tahap rekomendasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menentukan item pekerjaan dengan biaya tertinggi, (2) megetahui item pekerjaan apa saja yang efektif dan efisien untuk dilakukan rekayasa nilai, (3) Menemukan alternatif terbaik dari hasil analisis yang lebih efektif dari desain awal item pekerjaan, (4) mengetahui seberapa besar penghematan yang dapat tercapai setelah diterapkannya value engineering pada proyek ini. Data yang digunakan adalah (1) Rencana Anggaran biaya (RAB), (2) Rencana Kerja dan Syarat-syarat (RKS), (3) Detail Engineering Design (DED). Dari hasil penelitian didapatkan empat item pekerjaan yang perlu dilakukan value engineering, yaitu (1) pekerjaan keramik lantai, (2) pekerjaan plesteran dan acian, (3) pekerjaan pasangan dinding, dan (4) pekerjaan plafond. Penghematan biaya konstruksi yang diperoleh sebesar Rp. 1.849.037.040 atau 4% dari biaya total arsitektur dan struktur serta penghematan biaya daur hidup sebesar Rp. 2.126.392.595 atau 18% dari biaya daur hidup total.

Keywords

value engineering bangunan gedung biaya penghematan

Article Details

References

  1. Koilmo, Markus T. N. Kusnul Yakin. Maulidya Octaviani Bustamin. (2019). “Optimalisasi Anggaran Biaya Proyek Pembangunan Villa Grang Sinensis Menggunakan Metode Value Engineering”. Surabaya: Jurnal Perencanaan dan Rekayasa Sipil. vol 02. no, 01.
  2. Listiono, Andi. (2011). Aplikasi Value Engineering Terhadap Struktur Pelat dan Balok Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Putra SMP MTA Gemolong. Surakarta: digilib.uns.ac.id.
  3. Sudinarto. (1987). Manajemen Konstruksi Profesional (terjemahan). Erlangga: Jakarta.
  4. Tony, Armando (2015) Penerapan Value Engineering Pada Proyek Pembangunan Gedung Rumah Sakit Pendidikan Universitas Andalas. Padang: UPT. Perpustakaan Unand.