Main Article Content

Abstract

Evalusi Simpang Bersinyal Pada Pertigaan Jalan Irian Jaya (mayor) – Jalan Raya Mojowarno (minor) – Jalan Ngoro Jombang (mayor), Kabupaten Jombang dilakukan karena mimiliki Tundaan yang tinggi sebesar 136,7 det/smp sehingga menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengguna jalan. Evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui derajat kejenuhan (DS), Biaya Operasioanal Kendaraan (BOK), sehingga dapat memberikan alternatif guna kenyamanan bagi pengguna yang ada. Data yang diperlukan adalah volume kendaraan yang disurvei, waktu sinyal dan geometrik persimpangan. Data jumlah penduduk (2020 – 2022) didapat dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Jombang. Hasil survei mengacu pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2014), Biaya Operasional Kendaraan (BOK) berpedoman pada Bina Marga 2005 dan untuk Biaya Kemacetan menggunakan rumus Tzedakis 1980. Evaluasi ini menghasilkan derajat kejenuhan DS ≤ 0,94 dan termasuk dalam kategori tingkat pelayanan yang buruk, Rp. 14.468.790 untuk Biaya Operasional Kendaraan (BOK) dan RP. 4.095.889 untuk biaya kemacetan, sehingga perlu diberikan alternatif berupa perubahan 3 fase menjadi 2 fase dan perlebaran jalan dari 4,5 m menjadi 6 m untuk DS menjadi ≤ 0,45 dengan Rp. 6.370.205 untuk BOK dan Rp. 634.955 untuk nilai kemacetan.

Keywords

Alternatif Biaya Operasional Kendaraan PKJI 2023 Tzedakis

Article Details

References

  1. Departemen Pekerjaan Umum (DPU) Direktorat Bina Marga. 2023. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI).
  2. Departemen Pekerjaan Umum (DPU) Direktorat Bina Marga. 2005. Pedoman Biaya Operasi Kendaraan. Jakarta.
  3. Lailiyah, H. 2023. Evaluasi Simpang Bersinyal Jalan Irian Jaya – Raya Mojowarno – Ngoro Jombang, Kabupaten Jombang menggunakan PKJI 2014. Malang: Repository Polinema.
  4. Menteri Perhubungan. 2015. Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen dan Rekaysa Lalu Lintas. Jakarta.
  5. Sauri, S. 2014. Analisis Kinerja Simpang Menggunakan Perangkat Lunak Kaji dan PTV Vistro. Jember: Universitas Jember.
  6. Tzedakis, A. 1980. Different Vehicle Speeds and Congestion Cost. Journal of Transport Economics and Policy, 14 (1), 81-103.