Main Article Content

Abstract

Persimpangan di Jalan KH Wahid Hasyim – Jalan Pahlawan – Jalan Urip Sumoharjo berada di pusat kota yang menjadi penghubung jalan akses menuju perkantoran, sekolah, dan alun-alun yang mengakibatkan penumpukan kendaraan pada jam puncak. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung kinerja simpang pada kondisi eksisting beserta biaya operational kendaraan, menemukan alternatif penanganan simpang beserta biaya operasional kendaraan, dan mengetahui perkiraan simpang jenuh kembali. Data yang digunakan yaitu data primer berupa volume kendaraan, waktu sinyal dan geometrik simpang. Data sekunder didapat dari Badan Pusat Statistik  (BPS) Kabupaten Jombang. Metode perhitungan mengacu pada MKJI 1997 dan Peraturan Menteri no 96 Tahun 2015. Pengambilan data yang dilakukan adalah metode survei langsung dengan menggunakan bantuan kamera untuk merekam keadaan eksisting simpang. Survei dilakukan pada hari Sabtu, 27 Mei dan Senin, 29 Mei 2023 pukul 05.30 – 08.30 WIB dan pukul 15.00 – 18.00 WIB. Berdasarkan kinerja simpang dalam kondisi eksisting pada jam puncak didapatkan derajat kejenuhan (DS) = 0,778; tundaan (D) = 44,66 det/smp; dan nilai tingkat pelayanan E (Buruk). sehingga perlu dilakukan alternatif penanganan, yaitu dengan peraturan arus belok kiri langsung dan pelaranagan belok kanan, didapatkan derajat kejenuhan (DS) = 0,345; tundaan (D) = 21,948 det/smp; dan nilai tingkat pelayanan  C. Biaya operasional kendaraan setelah dilakukan perbaikan kinerja simpang terhadap kemacetan simpang sebesar Rp. 516,811 /km. biaya operasional kendaraan terhadap kemacetan simpang menjadi Rp. 838.811 /km.

Keywords

simpang bersinyal tingkat pelayanan biaya operasional kendaraan biaya kemacetan

Article Details

References

  1. Badan Pusat Statistik, 2022. Jumlah Penduduk Kabupaten Jombang. Diakses pada 19 Januari 2023, dari https://jombangkab.bps.go.id
  2. Direktorat Jendral Bina Marga, (1997), Manual kapasitas jalan Indonesia, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta
  3. Direktorat Jendral Bina Marga, (2014), Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia, Departemen Pekerjaan Umum Jakarta
  4. Google Maps,2021. Jalan KH Wahid Hasyim. Diakses pada 19 Januari 2023
  5. dari 112 Jl. KH. Wahid Hasyim - Google Maps
  6. Nadia Sayyidah. 2022. Studi Evaluasi Kinerja Simpang Empat Bersinyal Kebonagung Kota Pasuruan Dengan Menggunakan Metode MKJI 1997 Dan Software Vissim. Universitas Islam Malang
  7. Niswaturrofiah H, 2021. Analisis Koordinasi Simpang Bersinyal Simpang Gemblengan – Simpang Serengan – Simpang Jamsaren Kota Surakarta, Politeknik Negeri Malang
  8. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, 2004, PP No. 38 Tahun 2004 Tentang Jalan, Jakarta
  9. Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah No. PP 43 tahun 1993 tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan Presiden Republik Indeonesia. Jakarta
  10. Wicaksono Tutut Putro Tri, 2022. Evaluasi Kinerja Ruas Jalan Pada Simpang Mengkreng (Kasus Ruas Jalan Arteri Primer Jombang – Madiun). Skripsi Abstrak.