Main Article Content

Abstract

Pembangunan Infrastruktur Dasar Pengembangan Kawasan Sanur Bali ini memiliki luas tanah sebesar 41,7 hektar. Pada pembangunan Infrastruktur Dasar Pengembangan Kawasan Sanur Bali memiliki berbagai macam pembangunan dan memiliki lahan yang luas sehingga rentan akan terjadinya berbagai faktor yang membuat proyek tersebut mengalami keterlambatan. Pada proyek Infrastruktur Dasar Pengembangan Kawasan Sanur Bali terdapat keterlambatan selama proyek berlangsung dari segi sumber daya proyek. Pembangunan proyek ini direncanakan selesai pada bulan Oktober, karena terdapat kendala selama proyek berlangsung sehingga proyek terselesaikan pada bulan November hanya pada struktur. Dari latar belakang tersebut maka dibutuhkan manajemen proyek yang baik dan benar untuk mengatasi keterlambatan yang terjadi. Tujuan dari pengambilan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor keterlambatan pada proyek Infrastruktur Dasar Sanur Bali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh reponden (kontraktor, konsultan, mandor) dan menganalisis kuesioner menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linear berganda, uji determinasi, dan uji hipotesis. Hasil analisis yang dilakukan terhadap seluruh variabel yang telah ditetapkan menunjukkan bahwa faktor yang paling berpengaruh terhadap keterlambatan adalah kurangnya keahlian tenaga kerja dilapangan terhadap pelaksanaan proyek sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan, keterlambatan pengiriman barang terhadap penyelesaian proyek sesuai dengan waktu yang telah dijadwalkan, keterlambatan proses pembayaran oleh owner terhadap waktu serah terima kepada owner sesuai dengan waktu yang telah dijanjikan, kerusakan bahan (material) ditempat penyimpanan gudang terhadap mutu bangunan sesuai dengan standar minimal yang baik.

Keywords

Analisis Faktor Keterlambatan Proyek Infrastruktur Dasar Konstruksi

Article Details

References

  1. Alaghbari, Wa’el, 2005. The Significant factors causing delay of buildingconstruction projects in Malaysia. Engineering, Construction and Architectural Management Vol. 14 No. 2 pp. 192-206
  2. Ali, Tubagus Haedar. 1995. Prinsip-prinsip Network Planning. Gramedia, Bandung
  3. Arif Pratisto. 2009. Statistik Menjadi Mudah Dengan SPSS 17. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.
  4. Darma, Budi, “Statistika Penelitian Menggunakan SPSS: Uji Valditas, Uji Realibilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji f, R2”, Bogor: Guepedia, 2021.
  5. Dipohusodo, Istimawan.1996. Manajemen Proyek & Konstruksi.Kanisius. Jogjakarta.
  6. Ervianto, W.I. 2002. Manajemen Proyek Konstruksi. Penerbit: Andi, Yogyakarta
  7. Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
  8. Ghozali, Imam. 2009. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS“. Semarang : UNDIP
  9. Ghozali, I. (2018). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS” Edisi Sembilan.Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro
  10. Iman Soeharto, Manajemen Proyek (dari konseptual sampai operasional) jilid 1. (Jakarta: Erlangga., 1998.
  11. Ir. Irika Widiasanti, M.T. & Lenggogeni, M.T. (2013). Manajemen Konstruksi. Dalam M. &. Ir. Irika Widiasanti, & P. Latifah (Penyunt.), Manajemen Konstruksi (Cetakan Pertama ed., hal. 174). Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
  12. Johari, G. J., & Gunawan, A. (2021). Analisa Faktor yang Mempengaruhi Keterlambatan Proyek Infrastruktur di Kabupaten Garut. Jurnal Konstruksi, 19(1), 80-89.
  13. Levis and Atherley. (1996). Delay construction. Langford: Cahner Books Internasional.
  14. Rani, Hafnidar A., 2016, Manajemen Proyek Konstruksi, Budi Utama, Yogyakarta.
  15. Soeharto, Iman., 1995, Manajemen Proyek Dari Konseptual Sampai Operasional, Erlangga, Jakarta
  16. Suyatno, 2010. Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Penyelesaian Proyek Gedung (Aplikasi Model Regresi).
  17. Suliyanto, Ekonometrika Terapan; Teori Dan Aplikasi Dengan SPSS. Yogyakarta: CV. Andi. 2011
  18. Sugiyono, 2017. Statistika Untuk Penelitian, Bandung: Alfa Beta
  19. Soeharto, Iman. 1999. “Manajemen Proyek”. Edisi kedua. Jakarta : Erlangga
  20. Wirabakti, D. M., Abdullah, R., & Maddeppungeng, A. (2014). Studi Faktor Penyebab Keterlambatan Proyek Konstruksi Bangunan Gedung. Jurnal Konstruksia, 6 (1), 15-29.