Main Article Content

Abstract

Kondisi Simpang Pilang Kabupaten Sidoarjo yang bermasalah pada jam sibuk pagi dan sore hari, sering terjadi antrian panjang oleh berbagai kendaraan. Kinerja Simpang Pilang berada pada kondisi terburuk dengan nilai Dj 0,9 pada kondisi eksisting. Hal ini disebabkan banyaknya kendaraan yang melintasi simpang tersebut. Persimpangan Pilang terletak di kawasan sekolah dan industri. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan perbaikan lalu lintas yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja simpang eksisting pada simpang Pilang dan mengetahui kelayakan peningkatan lalu lintas ditinjau dari segi lalu lintas dan ekonomi. Sumber data meliputi data jumlah kendaraan, kecepatan kendaraan, ukuran jalan, dan data jumlah penduduk Kabupaten Sidoarjo. Metode yang digunakan antara lain mengambil data dengan perekaman dan survey langsung, pencacahan data survey, evaluasi kinerja lalu lintas berdasarkan PKJI 2023 untuk mendapatkan Dj, proyeksi penduduk, perhitungan biaya operasional kendaraan, dan studi kelayakan dari segi lalu lintas berupa nilai Dj serta dari segi ekonomi berupa nilai NPV, BCR, dan IRR. Dengan melakukan perbaikan lalu lintas berupa perubahan fase dan penambahan lebar jalan, simpang Pilang memiliki Dj 0,2-0,4. Didapatkan penghematan BOK sebesar Rp 16.630.874. kemudian untuk nilai BCR = 1,1 > 1, nilai NPV1 = 840.630.804 > 0, nilai NPV2 = 344.082.076>0, dan nilai IRR = 7,9% > MARR. Maka dapat disimpulkan perbaikan lalu simpang berupa perubahan fase dan penambahan lebar jalan tersebut layak dari segi lalu lintas dan ekonomi. Dengan adanya kondisi tersebut, lalu lintas simpang menjadi lebih lancar sehingga dapat mengurangi konflik dan mempermudah aktivitas masyarakat.

Keywords

kemacetan lalu lintas simpang bersinyal studi kelayakan perbaikan lalu lintas

Article Details

References

  1. Hardianida Vindi Gita. (2014). Manajemen Lalu Lintas Akibat Pembangunan Rumah Sakit Tipe - C Desa Pilang – Sidoarjo. 13–154..
  2. Aloisius de Rozari, & Yudi Hari Wibowo. (2015). Faktor-faktor Yang Menyebabkan Kemacetan Lalu Lintas di Jalan Utama Kota Surabaya. Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 1(1), 1–5.
  3. Khisty, C. J., & Lall, B. K. (2005). Dasar-Dasar Rekayasa Transportasi. In Buku Dosen-2014.
  4. Rachmadiyani, R. (2020). Bab II Studi Literatur Unikom.1–33.
  5. Karya, J., & Sipil, T. (2014). Analisis Perbandingan Biaya Operasional Kendaraan (Bok) Jalan Lingkar Ambarawa Dan Jalan Eksisting. Halaman *) Penulis Penanggung Jawab Jurnal Karya Teknik Sipil, 3(2), 356–366. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jkts
  6. Rinarwastu, F. (2018). Simulasi arus lalu lintas pada persimpangan tunggulwulung untuk meminimasi waiting time kendaraan.
  7. Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., Yulia Citra, A., Schulz, N. D., Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2016). Title. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.
  8. Ridwan, M. (2018). Studi Kelayakan Pembangunan Underpass/Flyover Pada Jalan Yos Sudarso Simpang Glugur By Pass.