Main Article Content

Abstract

Pengunaan alat berat pada proyek pembangunan Apartemen X Surabaya masih kurang maksimal ditinjau dari jumlah dan kapasitas alat berat yang digunakan. Untuk meningkatkan efektivitas dan meminimalkan biaya penggunaan alat berat perlu adanya optimasi alat berat. Tujuan optimasi alat berat yaitu menentukan biaya dan  jumlah alat berat yang optimum dalam bentuk kombinasi. Data yang dibutuhkan adalah gambar rencana struktur bawah, RKS, kondisi tanah, jenis dan tipe alat berat, Harga Satuan Dasar Wilayah Jawa Timur Tahun 2023. Pekerjaan yang ditinjau yaitu pada pekerjaan galian tanah untuk basement dan pondasi. Proses optimasi menggunakan metode Simpleks. Perhitngan produktivitas dan biaya tiap alat berat berdasarkan Permen PUPR No. 1 Tahun 2022. Dari hasil optimasi penggunaan alat berat berupa dumptruck dan excavator dengan menggunakan 9 kombinasi diperoleh alternatif kombinasi untuk pekerjaan galian basement 1 pada zona 1,2 3 dan 4 adalah kombinasi 8, pada zona 5,6 dan 7 adalah kombinasi 7 yang merupakan kombinasi yang optimal, dan zona 8 adalah kombinasi 8. Pada pekerjaan basement 2 zona 1 adalah kombinasi 8 merupakan kombinasi yang optimal dan untuk zona 2 hingga 6 juga terdapat pada kombinasi 8, kemudian untuk zona 7 adalah kombinasi 7 sebagai alternatif kombinasi yang optimal. Untuk pekerjaan galian boredpile ada pada kombinasi 7, raft dan pilecap juga terdapat pada kombinasi 7 yang merupakan alternatif kombinasi yang optimal. Anggaran biaya alat berat dengan penambahan biaya mobilisasi dan demobilisasi adalah sebesar Rp 24.672.791.177.

Keywords

optimasi alat berat produktivitas biaya operasional metode linier

Article Details

References

  1. Andriyany, D. P. (2021). Analisis Konsep Produktivitas Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja Karyawan (Studi Literatur) (Doctoral dissertation, STIE PGRI Dewantara).
  2. Ariadi, I. K., Yana, A. A. G. A., & Dewi, A. D. P. (2021). OPTIMASI KOMBINASI ALAT BERAT PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG RSUD SANJIWANI GIANYAR. Jurnal Spektran, 9(2), 107.
  3. Asshiddiqie, H., Khamim, M., & Setiono, J. (2020). OPTIMASI PENGGUNAAN ALAT BERAT PADA PEKERJAAN GALIAN DAN PROYEK PEMBANGUNAN KOLAM REGULASI NIPA–NIPA MAKASSAR. Jurnal Online Skripsi Manajemen Rekayasa Konstruksi (JOS-MRK), 1(2), 71-77.
  4. Maida, A. S. (2021). EVALUASI RENCANA VOLUME PEKERJAAN, ANGGARAN BIAYA DAN PENJADWALAN (TIME SCHEDULING)(Studi Kasus: Pembangunan Gedung Rawat Inap RSUD dr. Soekardjo) (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).
  5. Pradipta, B. A., Riskijah, S. S., & Lidyaningtyas, D. (2020). OPTIMASI ALAT BERAT PEKERJAAN MAINROAD DAN INTERCHANGE X TOL PANDAAN–MALANG. Jurnal Online Skripsi Manajemen Rekayasa Konstruksi (JOS-MRK), 1(2), 84-90.
  6. Ray, R. I. W. (2018). Lokasi dan Harga Berpengaruh terhadap Keputusan Pedagang Menyewa Kios (Studi Kasus pada Pasar Kemiri Muka Kota Depok). The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA), 4(2), 27-48.
  7. RITONGA, B. U. (2022). STUDI ANALISIS OPTIMASI BIAYA DAN WAKTU PENGGUNAAN ALAT BERAT PADA PEKERJAAN PENGGALIAN DAN TANAH PROYEK FOUNDATION OF OIL STORAGE TANK CAPACITY 1500 TONS (Doctoral dissertation).
  8. Rochmanhadi, I. (1985). Jenis–jenis Alat Berat dan Kegunaannya.