Main Article Content

Abstract

Pasar Gringgging merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang berada di Desa Cerme Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri. Pasar ini terbilang relatif besar di Kab.Kediri,Tingginya jumlah pengunjung pasar ini bisa kita lihat dari banyaknya kendaraan yang memarkirkan kendaraannya di pasar maupun disekitar pasar. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kenaikan jumlah pengguna kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun peningkatan tersebut tidak diimbangi dengan lahan/fasilitas parkir. Sehingga terjadinya permasalahan seperti kemacetan. Permasalahan yang terjadi pada area lahan parkir pasar gringging kab kediri adalah belum mencukupi sehingga masih banyaknya pengunjung yang menggunakan area badan jalan sebagai tempat parkir sehingga mengakibatkan kemacetan,dengan adanya permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian yang tujuannya adalah menata lahan parkir di Pasar Gringging Kabupaten Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil survey selama 2 hari dengan waktu pengamatan 4 jam/hari diperoleh perhitungan bahwa pasar Gringging perlu diadakan penataan megingat indeks parkir berdasarkan perhitungan setelah survey di lapangan nilai nya sepeda motor menunjukkan nilai sebesar 4,44% atau lebih dari 1% dan mobil sebesar 1,4% atau lebih dari 1% dimana kebutuhan parkir melebihi daya tampung/kapasitas normal sehingga diperlukan optimasi pada lahan parkir yaitu dengan cara memperpanjang ukuran lahan parkir. Untuk nilai Derajat kejenuhan dan tundaan nilainya tidak melampaui 0,85 dimana nilai tersebut memenuhi ketentuan yang disarankan PKJI 2014, maka tidak diperlukan suatu perencanaan perbaikan pada kinerja jalan raya. Kesimpulannya adalah perlu diadakan penataan pada lahan parkir di Pasar Gringging,Kabupaten Kediri yaitu dengan cara memperluas kapasitas lahan parkir di pasar tersebut.

Article Details

References

  1. Buana, A. T., dan S. S. (2016). Studi Penggunaan Lahan Parkir Mobil di Kampus Itenas Bandung. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, 73-82.
  2. Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas Angkutan Kota. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. (1998). Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian
  3. Fasilitas Parkir. Departemen Perhubungan Darat. Jakarta
  4. Direktorat Jenderal Bina Marga (2014). Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI). Jakarta.
  5. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. (1996). Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir. Departemen Perhubungan Darat. Jakarta
  6. Dwi, (2019). Analisis Lahan Parkir Hand-Out
  7. Perkuliahan,Jurusan Teknik Sipil,Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah malang
  8. Fuady, S. N., dan P. D. (2018). Kajian Pengelolaan Fasilitas Parkir di Kawasan Pendidikan Studi Kasus Institut Teknologi Bandung. Vol 7, no. 1 , 1-11.
  9. Irawan, B., Edison, B ., dan Lumba, P. (2013). Analisis
  10. Karakteristik Parkir Pada Universitas Pengaraian. Vol.no.1 .
  11. Lydia Surijani Tatura. (2013). Analisis Penataan Ruang Parkir Pasar Central Kota Gorontalo, Vol. 07, No 01.
  12. Munawar. (2014). Dasar-Dasar Teknik Transportasi Hand-
  13. Out Perkuliahan,Jurusan Teknik Sipil,Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada
  14. S. K., dan A. S. (2017). Analisis Kebutuhan dan Penataan
  15. Ruang Parkir Kendaraan (Studi Kasus Pada Lahan
  16. Parkir Kampus 11 Fakultas Teknik Universitas
  17. Muhammadiyah Metro). vol. 6 No. 2 , 127-133