Main Article Content

Abstract

Proyek Pembangunan Commercial Apron Bandara Internasional Dhoho Kediri merupakan proyek pengembangan lalu lintas udara dengan konsep multi-airport. Proyek ini dibangun di kawasan padat penduduk yang berfungsi mendukung pemerataan, pertumbuhan ekonomi dan stabilitas sebagai pendorong dan penggerak pembangunan nasional serta mempererat hubungan antar negara. Proyek ini terdiri dari 4 pekerjaan utama dan 4 pekerjaan pendukung dengan luas lahan sebesar 454,5 Ha, khususnya pekerjaan commercial apron yang beroperasi dengan luas 77.268 m2. Proyek ini tergolong proyek berskala besar dengan wilayah kerja yang terbatas dan mobilisasi alat dan bahan yang cukup sulit. Tujuan dari perencanaan pelaksanaan proyek ini adalah untuk membuat alternatif  rencana pelaksanaan proyek, yang mencakup struktur organisasi, tata letak lokasi, manajemen lalu lintas, strategi dan metode pelaksanaan, rencana mutu, keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan (K3L), serta menjadwalkan proyek dan menyusun Rencana Anggaran Pelaksanaan Proyek. Data yang digunakan adalah gambar kerja, Rencana Kerja dan Persyaratan, serta HSPK Kabupaten Kediri tahun 2022. Perencanaan keselamatan dan kesehatan kerja ditinjau berdasarkan Peraturan Menteri PUPR No.10 tahun 2021. Microsoft Project 2016 digunakan untuk membantu penjadwalan perencanaan proyek. Hasil dari perencanaan pelaksanaan adalah struktur organisasi matriks, tata letak dengan bangunan pendukung, perencanaan manajemen lalu lintas, strategi dan metode pelaksanaan dengan pembagian area, rencana mutu sesuai SOP (Standard Operating Procedure), rencana keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan meliputi pembentukkan struktur organisasi HSE, identifikasi bahaya, rencana peralatan HSE dan jadwal pelaksanaan HSE, serta durasi pelaksanaan proyek dengan metode Network Planning atau Critical Path Method (CPM), dimana durasi pekerjaan adalah 100 hari kalender. Rencana Anggaran Pelaksanaan yang didapatkan sebesar Rp.122.612.701.330,62.

Keywords

project planning tata letak struktur organisasi matriks zoning jadwal rencana anggaran pelaksanaan

Article Details

References

  1. Chandyawan, Endryco. 2015. Analisa Penggunaan Alat Berat Pada Proyek Pembangunan Apron dan Taxiway Bandara Banyuwangi. Banyuwangi.
  2. Geektonight. 2022. Fungsi Management Proyek. Inggris: Jurnal.
  3. Hidayat, S dan Wijayaningtyas, M. 2019. Manajemen Konstruksi dalam Perspektif Administrasi Pembangunan dan Pemasaran. Surabaya: Muara Karya.
  4. Indonesia, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik. 2022. Pedoman Penyusunan Perkiraan Biaya Pekerjaan Konstruksi. Jakarta: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
  5. Institute, Project Management. 2017. Project Management. PMI.
  6. Khanif, M. 2012. Unsur-Unsur Terkait Dalam Organisasi Proyek Infrastruktur. Jakarta: Jurnal Ilmiah Arsitektur.
  7. Kwee, Calvin, Dkk. 2021. Pengembangan Geometrik Sisi Udara Bandar Supadio Dengan Adanya Jalur Runway Baru. Pontianak: Jurnal Academia.
  8. Panduwinata Raka, Sukamto, Ika Endrawijaya. 2020. Perencanaan Apron Menggunakan Rigid Di Terminal Baru Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang. Semarang: Politeknik Penerbangan Indonesia Curug.
  9. Siswanto, Agus B dan M.Afif Salim. 2019. Aspek Manajemen Proyek. Jurnal Academia.
  10. Tulungen. 2016. Studi Perencanaan Perkembangan Bandar Udara Melonguane Kabupaten Talaud Provinsi Sulawesi Utara. Talaud, Sulawesi utara: Jurnal Academia.
  11. Wicaksono, Dkk. 2010. Studi Alternatif Perencanaan Fasilitas Sisi Udara Badar Udara Blimbingsari di Kabupaten Banyuwangi. Banyuwangi: Jurnal Academia