Main Article Content

Abstract

Ruas Jalan Soekarno Hatta Kota Malang merupakan jalan yang mempunyai volume lalu lintas yang tinggi hal ini disebabkan disekitar jalan Soekarno Hatta merupakan daerah perumahan dan kawasan kampus Universitas Brawijaya dan kampus Politeknik Negeri Malang. Adapun tujuan dilakukan laik fungsi geometrik jalan supaya infastruktur jalan dapat memberikan jaminan keselamatan bagi pengguna jalan dan kepastian hukum penyelenggara dan pemanfaat jalan.  Data primer yang dibutuhkan antara lain: Geometrik Jalan. Data Sekunder yang dibutuhkan antara lain : jumlah penduduk kota malang, peta lokasi, data kecelakaan, Status Jalan. Analisa laik uji fungsi geometrik mengacu pada Peraturan Menteri RI No 11/PRT/M/2010. dan MKJI 1997. Hasil analisa laik fungsi geometrik jalan: Telaah laik lajur masuk kategori LF, Telaah laik bahu Jalan masuk kategori LS dan LF, Telaah laik selokan samping masuk kategori  LS dan LF, Telaah laik median masuk kategori LF, Telaah laik ambang pengaman masuk kategori LF, Telaah alinemen horizontal masuk kategori LF.

Keywords

Laik fungsi jalan bahu jalan geometrik jalan

Article Details

References

  1. Anonim. 1999. Guide for The Development of Bicycle Facilities. American Association of State Highway and Transportation Officials.
  2. Sandianinggar Sutaresmi, (2015), Perencanaan Jalur Sepeda Pada Kawasan Perguruan Tinggi di Kota Malang, Skripsi , Institut Teknologi Nasional Malang
  3. Pratama Yoga, (2014), Kajian Penyediaan lajur Sepeda di Lingkungan Universitas Brawijaya, Jurnal Jurusan Teknik Sipil, Universitas Brawijaya, Malang
  4. Ratnaningsih (2021) , Perencanaan jalur Sepeda di Jalan Soekarno Hatta Kota Malang, 2021
  5. Muhammad Prasetyo (2020), Analisis Kuantitatif untuk Uji Laik Fungsi Jalan Teknis dan Kondisi kelaikkan Jalan, Journal.itltrisakti,
  6. Adwang Jimmy (2020), Analisa Uji laik Fungsi Jalan (ULFJ) Pada Ruas Jalab Nasional Tumora (Bts. Kab. Parimo) – Tambrana Nomor Ruas 31 Km 157+800 s.d Km. 168+000 Provinsi Sulawesi Tengah, ejournal.unsrat.ac.id