Main Article Content

Abstract

Building Information Modelling (BIM) mencerminkan revolusi industri dan digitalisasi dalam mendukung teknologi konstruksi 4.0. Pelaksanaan integrasi BIM dengan tingkat maturitas tinggi memerlukan biaya apalagi belum ada aplikasi yang mendukung implementasi BIM mulai dari tahap awal / pra desain sampai dengan penggunaan dan perawatan. Sangat penting membuat workflow yang efektif agar tujuan implementasi BIM tercapai. Hasil penenlitian menunjukkan Analisis dan desain sambungan dapat dilakukan dengan mentransfer file analisis ke aplikasi analisis dan desain sambungan menggunakan koenktor antar aplikasi. Output aplikasi BIM modeler memiliki Level of Development (LOD) mencapai 500 yang menunjukkan bahwa outputnya dapat digunakan mulai dari proses perancangan hingga pada produksi gambar As Built Drawing. Sedangkan aplikasi analisis dan desain struktur serta analisis dan desain sambungan memiliki LOD 350. Alur kerja implemntasi BIM lebih mudah dimulai dari aplikasi Analisis dan Desain Struktur. Setelah semua elemen didesain dan memiliki kekutan yang direncanakan, file analisis ini dapat di ekspor ke aplikasi BIM Modeler untuk membuat gambar detail. Hasil analisis dan desain struktur juga di ekspor ke aplikasi analisis dan desain sambungan balok-kolom untuk dilakukan pengecekan kekuatan. Hasilnya kemudian menjadi dasar untuk membuat detailing pada Aplikasi BIM Modeler.

Keywords

BIM Level of Development Alur kerja.

Article Details

References

  1. Dewobroto, Wiryanto. 2016. Struktur Baja, Perilaku, Analisis & Desain – AISC 2010. Jurusan Teknik Sipil UPH: Tangerang.
  2. Itsna AulyaReista dkk. 2022. Implementasi Building Informatin Modeling (BIM) dalam Estimasi Volume Pekerjaan Struktural dan Arsitektural. Journal of Sustainable Construction.
  3. Jim Bedrick dkk. 2021. Level of Development (LOD) Specification for Building Information Models Part I, Guide & Commentary. BIM Forum.
  4. Latiffi, Aryani Ahmad, et al. “Building Information Modeling (BIM): Exploring Level of Development (LOD) in Construction Projects.” Applied Mechanics and Materials, vol. 773–774, Trans Tech Publications, Ltd., July 2015, pp. 933–937. Crossref, doi:10.4028/www.scientific.net/amm.773-774.933.
  5. Paikun IPM, Ardin Rozandi, Dana Budiman, Indra Ramdani, and Kornienko Elena Vladimirovna. 2022. Implementasi Building Information Modeling (BIM) Pada Proyek Perumahan. Jurnal TESLINK : Teknik Sipil Dan Lingkungan 4 (1), 1-15. https://doi.org/10.52005/teslink.v4i1.105.
  6. Segui, William T. 2018. Steel Design, 6th Edition. Cengage Learning: Boston USA.
  7. SNI 1729:2020. 2020. Spesifikasi untuk Bangunan Gedung Baja Structural. Badan Standarisasi Nasional. Jakarta.
  8. SNI 1727:2020. 2020. Beban Desain Minimum dan Kriteria Terkait untuk Bangunan Gedung dan Struktur Lain. Jakarta.