Main Article Content

Abstract

Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) merupakan aspek yang sangat penting dalam industri konstruksi, khususnya dalam proyek pembangunan gedung yang melibatkan berbagai risiko dan potensi bahaya. Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) juga merupakan aspek krusial dalam manajemen proyek konstruksi yang bertujuan untuk melindungi pekerja, mengurangi risiko kecelakaan, dan memastikan kelancaran proyek. Jurnal ilmiah ini bertujuan untuk menganalisis risiko K3 dalam proyek pembangunan gedung dengan menggunakan Metode Hazard Identification, Risk Assessment, and Risk Control (HIRARC). Metode HIRARC digunakan untuk mengidentifikasi bahaya, menilai risiko, dan mengembangkan kontrol risiko yang efektif. Lokasi penelitian yang diobservasi adalah proyek pembangunan Gedung AC Politeknik Negeri Malang Tahap 2. Tujuan dari analisis ini adalah untuk mengetahui penerapan SMK3 pada proyek pembangunan Gedung AC Politeknik Negeri Malang Tahap 2. Hasil dari analisis ini adalah ditemukannya bahwa penerapan SMK3 dengan Metode HIRARC adalah alat yang efektif untuk mengidentifikasi, menilai, dan mengendalikan risiko K3 dalam proyek pembangunan gedung.

Keywords

kesehatan dan keselamatan kerja (K3), konstruksi, HIRARC occupational safety and health (OSH), construction, HIRARC

Article Details

References

  1. F. D. Harijanto, K. Kuntjoro, S. Saptarita, and S. K. Aziz, “Analisis Pola Hujan dan Musim di Jawa Timur Sebagai Langkah Awal Untuk Antisipasi Bencana Kekeringan,” J. Apl. Tek. Sipil, vol. 10, no. 2, p. 95, Aug. 2012.
  2. K. Kuntjoro, C. Anwar, P. Pudiastuti, F. D. Harijanto, and S. Sungkono, “Inisiasi Perkiraan Arah Pergerakan Alur Sungai,” J. Apl. Tek. Sipil, vol. 11, no. 2, p. 47, Aug. 2013.
  3. Kuntjoro, I. Saud, and D. Harijanto, “Discharge Fluctuation Effect on Meandering River Bed Evolution,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 267, no. 1, p. 12032, Nov. 2017.
  4. I. Sa’ud and I. P. A. Wiguna, “Penentuan Alternatif Penanggulangan Genangan Akibat Peubahan Tataguna Lahan di Wilayah Surabaya,” in Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XVII, 2013, p. B-6-1-B-6-8.
  5. Bappeda Kotamadya Surabaya, “Surabaya Drainage Master Plan 2018,” Surabaya, 2000.
  6. Soewarno, Hidrologi, Aplikasi Metode Statistik untuk Analisa Data, Jilid 1. Bandung: Nova, 1995.
  7. Soedibyo, Teknik Bendungan, Cetakan Kedua. Jakarta: Pradnya Paramita, 2003.
  8. K. Madill, “Standards Australia,”