Main Article Content

Abstract

Jalan Bts. Kab. Kediri – Srengat merupakan jalan kolektor primer dan termasuk jalan provinsi. Jalan tersebut memiliki banyak fasilitas publik dan banyak dilalui oleh kendaraan ringan hingga kendaraan berat. Perbaikan terakhir yang dilakukan adalah di bulan Juli 2019, sehingga pada tahun 2024 telah terjadi banyak kerusakan jalan. Kerusakan di Jalan Bts. Kab. Kediri – Srengat membutuhkan penilaian kondisi yang dilakukan dengan pengamatan langsung di lapangan untuk menganalisis penyebab terjadinya kerusakan dan mengetahui nilai kondisi dari jalan tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah berdasarkan Bina Marga No 18/T/BNKT/1990. Dalam melakukan penelitian, jalan dibagi menjadi 72 segmen dengan panjang segmen adalah 100 meter. Setelah diketahui nilai kondisinya, kemudian ditentukan pula jenis penanganannya. Hasil penilaian kondisi eksisting menunjukkan nilai 10, 17, 20, dan 27 untuk segmen kiri dan 10, 12, 15, dan 17 untuk segmen kanan sehingga diperlukan pemeliharaan berkala dan peningkatan. Selain itu, hasil penilaian kondisi kerusakan menunjukkan nilai 0, 1, 2, 3, dan 4 serta urutan prioritas 9, 10, 11, 12, dan 13 sehingga dibutuhkan pemeliharaan rutin.

Keywords

jalan kondisi eksisting kerusakan jalan bina marga

Article Details

References

  1. * Galang, H. Bernanda, G. Hafiidh Bernanda, and W. Diantoro, “Analisis Kerusakan pada Permukaan Perkerasan Jalan Lingkar Kota Slawi Ruas Jalan Desa Kendalserut dengan Metode Bina Marga,” Ocean Eng. J. Ilmu Tek. dan Teknol. Marit., vol. 2, no. 3, pp. 01–18, 2023.
  2. A. Z. Nashruddin and C. Buana, “Analisis Penilaian Kerusakan Jalan dan Perbaikan Perkerasan pada Jalan Raya Roomo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik,” J. Tek. ITS, vol. 10, no. 1, 2021, doi: 10.12962/j23373539.v10i1.59866.
  3. Adelia, R.S., 2024, Evaluasi Kerusakan Jalan Berdasarkan Metode Bina Marga Pada Jalan Batas Kabupaten Kediri - Srengat. (Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Malang: Malang)
  4. B. Ginting, D. P. Sembiring, S. M. Debataraja, and Y. A. Lubis, “Analisis Perencanaan Perkerasan Lentur Pembangunan Ruas Jalan Kutabangun-Kutakendit Liang Melas Datas Kabupaten Karo,” J. Ilm. Tek. Sipil, vol. 12, no. 2, p. 223, 2023, doi: 10.46930/tekniksipil.v12i2.3591.
  5. Denah survei melalui software Google Earth Pro pada 20 Mei 2024
  6. Direktorat Pembinaan Jalan Kota, Tata Cara Penyusunan Program Pemeliharaan Jalan Kota No. 018/T/BNKT/1990. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Marga, 1990
  7. H. Susilo, M.N. Bani, M.T. Aditya, E. Cahyani, A.M. and Kurniawan, “ANALISIS INSPEKSI JENIS KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN DATA PETA ORTHOFOTO HASIL PEMOTRETAN PESAWAT TANPA AWAK (UAV-PHOTOGRAMMETRY) ”. Jurnal Qua Teknika, vol. 14, no. 1, pp.53-65, 2024.
  8. I. Abriansyah, D. Yofianti, and R. Safitri, “EVALUASI KERUSAKAN JALAN LINTAS TIMUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA (Studi Kasus: Jalan Lintas Timur STA 10+000 – 11+000),” FROPIL (Forum Prof. Tek. Sipil), vol. 10, no. 1, pp. 40–49, 2022, doi: 10.33019/fropil.v10i1.2969.
  9. M. Marjono, B. Burhamtoro, and R. Sasongko, “Penilaian Kondisi Permukaan Jalan Menggunakan Aplikasi Roadroid pada Jalan Veteran - Bandung Kota Malang,” J. Manaj. Teknol. Tek. Sipil, vol. 5, no. 2, p. 178, 2022, doi: 10.30737/jurmateks.v5i2.3334.
  10. N.M. Leweherilla, J. Amahoru, and M. Kelbulan, “Analisis Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Dengan Menggunakan Motode Manual Desain Perkerasan (MDP) 2018 Pada Ruas Jalan Desa Lauran Kecamatan Tanimabr Selatan Kabupaten Kepulauan Tanimbar”, Manumata: Jurnal Ilmu Teknik, vol. 8, no. 1, pp. 20-27, 2022.
  11. Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Penetapan Status Ruas Jalan Provinsi (Keputusan Gubernur Jawa Timur No 188/210/KPTS/031/2023), Surabaya: Pemerintah Provinsi Jawa Timur, 2023.
  12. R. W. V. Uguy and V. S. Rompis, “Penentuanjenis Pemeliharaan Jalan Dengan Menggunakan Metode Bina Marga (Studi Kasus: Ruas Jalan Kelurahan Tondangow Kecamatan Tomohon Selatan),” J. Ilm. Realt., vol. 17, no. 2, pp. 34–38, 2021.