Main Article Content

Abstract

Ruas jalan Bts. Kab. Bojonegoro (Pajeng) – Nganjuk (Guyangan)  merupakan jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Nganjuk dengan Kabupaten Bojonegoro. Pada jalan ini terdapat kerusakan sepanjang 4,5 km berupa retak kulit buaya, retak blok, retak tepi, retak memanjang, retak melintang, ambles, dan lubang. Kondisi ini sangat mengganggu pengguna jalan terutama saat musim penghujan karena genangan air pada permukaan jalan yang mengalami kerusakan. Selain itu, banyaknya lubang dan ambles menyebabkan ketidaknyamanan pengguna jalan saat melintas. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kerusakan, dan mengetahui kondisi perkerasan jalan. Metode analisis yang digunakan ialah metode Bina Marga tahun 2011 dengan penilaian Surface Distress Index (SDI) dan penilaian International Roughness Index (IRI) menggunakan aplikasi Roadroid. Dari hasil analisis, diperoleh presentase kerusakan retak kulit buaya 1,657%, retak blok 1,584%, retak tepi 0,007%, retak memanjang 1,553%, retak melintang 0,013%, ambles 0,549%, dan lubang 0,007%. Kondisi perkerasan jalan ditemukan baik sebesar 18%, sedang 74%, rusak ringan 8%, dan rusak berat 0%.

Keywords

Kerusakan jalan, SDI, IRI

Article Details

References

  1. Direktorat Jenderal Bina Marga, 2011. Pedoman Konstruksi dan Bangunan No 001-01/M/BM/2011. Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga. Jakarta.
  2. Halim, H., & Mustari, I. (2019, December). Pemanfaatan Aplikasi Roadroid Untuk Survey Kondisi Jalan Di Kota Makassar. In Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M) (Vol. 4, No. 1, pp. 39-44).
  3. Marjono, M., Burhamtoro, B., & Sasongko, R. (2022). Penilaian Kondisi Permukaan Jalan Menggunakan Aplikasi Roadroid pada Jalan Veteran-Bandung Kota Malang. Jurnal Teknologi dan Teknik SIpil (JURMATEKS), 5(2), 178-189.
  4. Rasyid, A. D. A., & Prastyanto, C. A. (2020). Studi Penanganan Kerusakan Pada Ruas Jalan Nganjuk-Bojonegoro, Km 55+500 Sampai Km 61+700, Kabupaten Nganuk. Jurnal Teknik ITS (SINTA: 4, If: 1.1815), 9(1), E14-E19.
  5. Setiawan, T., & Winayati, W. (2021). Identifikasi Jenis-Jenis Kerusakan Jalan (Perkerasan Lentur) Studi Kasus Jalan Lintas Taluk Kuantan-Batas Provinsi Sumatera Barat. Racic: Rab Construction Research, 6(1), 69-77.
  6. Ramadhan, R. R., & Subagyo, U. (2024). Analisis dan Pealporan Kerusakan Jalan Raya Dr. IR. Soekarno Kabupaten Malang Dengan Metode Bina Marga. Jurnal Online Skripsi Manajemen Rekayasa Konstruksi (Jos-Mrk), 5(2), 199-206.
  7. Urviy, U. S. L., Ratnaningsih, D., & Riyanto, S. (2023). Evaluation Of The Level Damage Of Flexible Pavement On The Singosari_Randu Agung Highway Malang Regency. Jurnal Online Skripsi Manajemen Rekayasa Konstruksi (JOs-Mrk), 4(3), 296-300.