Main Article Content
Abstract
Bottom ash merupakan abu hasil dari pembakaran batu bara yang mengendap pada tungku api pembakaran batu bara, bottom ash dapat digunakan untuk mengelola limbah dan mengurangi dampak negatifnya terhadap masyarakat. Inovasi ini menggunakan bottom ash sebagai substitusi agregat halus dalam campuran aspal (AC-WC). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sifat fisik agregat kasar, agregat halus, dan aspal, menentukan KAO dari kadar aspal 5%, 5,5%, 6%, 6,5%, 7% tanpa substitusi bottom ash, menganalisis pengaruh bottom ash menggunakan variasi 0%, 2%, 4%, dan 6% sebagai substitusi agregat halus dalam campuran laston AC-WC, dan menganalisis rencana anggaran biaya untuk membuat laston AC-WC dengan subtitusi bottom ash. Metode yang digunakan melibatkan pembuatan 2 sampel benda uji untuk setiap variasi 5%, 5,5%, 6%, 6,5%, 7% tanpa subtitusi bottom ash dan 3 sampel benda uji untuk setiap variasi dengan menambahkan bottom ash sebanyak 0%, 2%, 4%, dan 6% pada campuran agregat halus diikuti dengan pengujian sifat fisik dan Marshall. Hasil menunjukkan bahwa material memenuhi spesifikasi laston AC-WC dengan kadar aspal optimum 5,6%. Karakteristik Marshall untuk KAO menunjukkan VMA: 16,03%, VFA: 99,18%, VIM: 1,49%, Stabilitas: 1861,28 kg, Flow: 3,37 mm, dan MQ: 600,88 kg/mm. Dengan substitusi bottom ash, hasil karakteristik Marshall bervariasi, dengan stabilitas dan MQ tertinggi pada substitusi 6% dengan estimasi biaya termurah Rp. 1384.433,67.
Keywords
Article Details
References
- Arthono, Andri, and Dwiki Adi Pransiska. 2011. “Perencanaan Perkerasan Lentur Jalan Raya Menggunakan Metode Sni1932-1989-F Dibandingkan Dengan Menggunakan Metode Aastho 1993 , Pada Ruas Jalan Raya Rangkasbitung - Citeras,” no. November 2022: 1–12.
- Sistra, Mawid Dwi, Ary Setyawan, and Djoko Sarwono. 2016. “Analisis Karakteristik Modifikasi Aspal Penetrasi 60/70 Dengan Ethylene Vinyl Acetate (EVA).” E-Jurnal Matriks Teknik Sipil, 120–27.
- Azka, C. N., H. A. Rani, and T. M.R. Katami. 2023. “Characteristic of Asphalt Mixture Using Fly Ash and Bottom Ash Substitution in Reducing Environment Pollution.” IOP Conference Series: Earth and Environmental Science 1140 (1). https://doi.org/10.1088/17551315/1140/1/012018.
- Suryadi, Akhmad, and Taufiq Rochman. 2024. “Effect of the Utilization of Lightweight Brick Wastes and Silica Fume Addition on the Concrete Compressive Strength.” Civil Engineering and Architecture 12 (4): 2577–97. https://doi.org/10.13189/cea.2024.120407.
References
Arthono, Andri, and Dwiki Adi Pransiska. 2011. “Perencanaan Perkerasan Lentur Jalan Raya Menggunakan Metode Sni1932-1989-F Dibandingkan Dengan Menggunakan Metode Aastho 1993 , Pada Ruas Jalan Raya Rangkasbitung - Citeras,” no. November 2022: 1–12.
Sistra, Mawid Dwi, Ary Setyawan, and Djoko Sarwono. 2016. “Analisis Karakteristik Modifikasi Aspal Penetrasi 60/70 Dengan Ethylene Vinyl Acetate (EVA).” E-Jurnal Matriks Teknik Sipil, 120–27.
Azka, C. N., H. A. Rani, and T. M.R. Katami. 2023. “Characteristic of Asphalt Mixture Using Fly Ash and Bottom Ash Substitution in Reducing Environment Pollution.” IOP Conference Series: Earth and Environmental Science 1140 (1). https://doi.org/10.1088/17551315/1140/1/012018.
Suryadi, Akhmad, and Taufiq Rochman. 2024. “Effect of the Utilization of Lightweight Brick Wastes and Silica Fume Addition on the Concrete Compressive Strength.” Civil Engineering and Architecture 12 (4): 2577–97. https://doi.org/10.13189/cea.2024.120407.