Main Article Content
Abstract
Modifikasi perencanaan jembatan pada skripsi ini dilakukan untuk menanggapi program pemerintah yang akan melakukan mitigasi penggantian jembatan Callender Hamilton di Pulau Jawa yang umurnya melebihi 40 tahun. Perencanaan Jembatan Wirolegi ini direncanakan dengan rangka baja tipe warren truss bentang 35 m, lebar jembatan 9,7 m dan tinggi 6,5 m. Perencanaan struktur atas jembatan ini meliputi elemen struktur, metode pelaksanaan dan estimasi biaya. Data yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah kondisi eksisting jembatan. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah LRFD (Load Resistance Factor Design) mengacu pada SNI 1725-2016, RSNI T-02-2005, RSNI T-12-2004, RSNI T-03-2005 dan ANSI/SDI Composite C-11 Standar Floor Deck –Slabs. Analisis struktur menggunakan software RSAP 2022 dengan pembebanan pada jembatan berupa beban permanen, beban transien dan kombinasi beban. Hasil desain yang diperoleh antara lain pipa sandaran menggunakan ∅3”, trotoar menggunakan tulangan utama S16-250 dan tulangan bagi S10-150, kerb 20/15 menggunakan tulangan utama 4P10 dan tulangan sengkang 2 kaki P8-100, pelat lantai dengan tebal 25 cm menggunakan tulangan utama S16-100 dan tulangan susut S10-220, pada tumpuan menggunakan tulangan utama S16-100 dan tulangan susut S10-220, pelat bondek (BMY) 0,7 mm, gelagar melintang ujung IWF 800.300.14.26, gelagar melintang tengah IWF 900.300.25.37, gelagar memanjang IWF 400.200.8.13, batang struktur atas IWF 400.400.13.21 dan WF 400.400.16.22, batang struktur bawah WF 400.400.13.21, batang struktur diagonal IWF 400.400.13.21 dan WF 400.400.16.22, batang ikatan angin WF 150.150.7.10 dan WF 200.200.8.12. Sistem sambungan rangka baja menggunakan baut mutu tinggi tipe A325 dengan ∅16 dan ∅30. Metode yang digunakan untuk erection adalah full temporary support. Rencana anggaran biaya yang dibutuhkan adalah Rp. 3,893,586,206.50.
Keywords
Article Details
References
- S. Yatnikasari, M. N. Asnan, and U. W. M. Liana, “Alternatif Perencanaan Jembatan Rangka Baja Dengan Menggunakan Metode Lrfd Di Jembatan Gelatik Kota Samarinda,” Rang Tek. J., vol. 4, no. 2, pp. 282–294, 2021, doi: 10.31869/rtj.v4i2.2518.
- D. R. Fauziah and W. Juliprijanto, “Pengaruh pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Magelang,” J. Paradig. Multidisipliner, vol. 2, no. 3, pp. 304–315, 2021.
- F. A. Fahmi, “MENGGUNAKAN SOFTWARE UNTUK JEMBATAN TAMBANG DESA,” vol. 5, pp. 139–145, 2024.
- H. Purwanto, “Analisis Perbandingan Jembatan Tipe Parker dan Tipe Warren dengan Bentang 50 Meter,” vol. 3–2. 2018.
- A. N. Santoso and S. Sumaidi, “Perbandingan Rangka Jembatan Tipe Warren Dan Tipe Pratt Pada Jembatan Brantas,” J. Envirotek, vol. 13, no. 2, pp. 70–75, 2021, doi: 10.33005/envirotek.v13i2.143.
- E. Eva, A. Aafi, and D. Desysetyowulans, Struktur Struktur Baja Baja. Malang, 2020.
References
S. Yatnikasari, M. N. Asnan, and U. W. M. Liana, “Alternatif Perencanaan Jembatan Rangka Baja Dengan Menggunakan Metode Lrfd Di Jembatan Gelatik Kota Samarinda,” Rang Tek. J., vol. 4, no. 2, pp. 282–294, 2021, doi: 10.31869/rtj.v4i2.2518.
D. R. Fauziah and W. Juliprijanto, “Pengaruh pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Magelang,” J. Paradig. Multidisipliner, vol. 2, no. 3, pp. 304–315, 2021.
F. A. Fahmi, “MENGGUNAKAN SOFTWARE UNTUK JEMBATAN TAMBANG DESA,” vol. 5, pp. 139–145, 2024.
H. Purwanto, “Analisis Perbandingan Jembatan Tipe Parker dan Tipe Warren dengan Bentang 50 Meter,” vol. 3–2. 2018.
A. N. Santoso and S. Sumaidi, “Perbandingan Rangka Jembatan Tipe Warren Dan Tipe Pratt Pada Jembatan Brantas,” J. Envirotek, vol. 13, no. 2, pp. 70–75, 2021, doi: 10.33005/envirotek.v13i2.143.
E. Eva, A. Aafi, and D. Desysetyowulans, Struktur Struktur Baja Baja. Malang, 2020.