Main Article Content

Abstract

Pavement Condition Index (PCI) adalah salah satu sistem penilaian kondisi perkerasan jalan berdasarkan jenis dan tingkat kerusakan yang terjadi dan digunakan sebagai acuan dalam pemeliharaan kerusakan jalan. Jalan Raya Deandles sendiri merupakan jalan Nasional yang pastinya dilewati banyak kendaraan-kendaraan besar dengan jumlah banyak, maka dari itu sering sekali terjadi kerusakan akibat volume kendaraan yang besar. yang mengakibatkan terjadinya kerusakan pada jalan Raya Deandles. Oleh karena itu dilakukan Analisa kerusakan jalan dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) sepanjang 5 km pada Jalan Raya Deandles. Langkah yang dilakukan dalam analisa kerusakan jalan ini ialah mengumpulkan data primer yang berupa data hasil survai kerusakan jalan dan data geometri jalan, serta data sekunder yaitu data HSPK. Oleh karena itu dilakukan survai kerusakan untuk mengetahui jenis dan tingkat kerusakan. setelah diketahui jenis kerusakan dan Tingkat kerusakan pada Jalan Raya Daendles maka dilakukan Analisa kerusakan jalan dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) sesuai dengan ASTM D6433. Kemudian menentukan jenis penanganan sesuai permen PU No.13/PRT/M/2011. selanjutnya menentukan rencana anggaran biaya perbaikan jalan. Hasil Analisa diperoleh jenis kerusakan yang terjadi berupa retak kulit buaya sebesar 2,211%, amblas 0,019%, retak pinggir 1,117%, retak sambung 0,00012%, retak memanjang / melintang 0,0405%, tambalan 1,614%, lubang 0,062%, alur 0,083%, sungkur 0,539%, dan pelepasan butir 4,342% dengan total kerusakan sebesar 3160,32 m2 atau 9,29% dari total Panjang jalan. dengan nilai PCI rata – rata sebesar 56,96 yang menandakan kondisi jalan dalam keadaan baik. Penanganan yang dilakukan sesuai dengan kondisi perkerasannya yaitu Rehabilitasi jalan. Yang meliputi perbaikan campuran aspal panas, lapis perekat aspal emulsi, penghamparan lapis penutup bubur aspal emulsi, dan pekerjaan marka jalan. Biaya yang dibutuhkan untuk penanganan kerusakan jalan raya deandles kecamatan paciran ini sebesar Rp. 318,967,500.

Keywords

Kerusakan jalan Pavement Condition index (PCI) Pananganan jalan

Article Details

References

  1. Asin, N. A. W. P., Salonten, S., & Murniati, M. 2022. METODE PERBAIKAN PERKERASAN JALAN DI KABUPATEN KATINGAN KALIMANTAN TENGAH.
  2. Chasanah, F., & Wijaya, D. A. 2016. EVALUASI TINGKAT KERUSAKAN PERKERASAN LENTUR DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) UNTUK MENENTUKAN PRIORITAS PENANGANAN PADA JALAN SOLO-YOGYAKARTA KM 43, 8-44, 8. In Prosiding Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi.
  3. Lasarus, R., Lalamentik, L. G., & Waani, J. E. 2020. ANALISA KERUSAKAN JALAN DAN PENANGANANNYA DENGAN METODE PCI (PAVEMENT CONDITION INDEX) (Studi Kasus: Ruas Jalan Kauditan (by pass)–Airmadidi; STA 0+ 770–STA 3+ 770). Jurnal Sipil Statik.
  4. Wirnanda, I., Anggraini, R., & Isya, M. 2018. Analisis Tingkat Kerusakan Jalan Dan Pengarunya Terhadap Kecepatan Kendaraan (Studi Kasus: Jalan Blang Bintang Lama Dan Jalan Teungku Hasan Dibakoi). Jurnal Teknik Sipil.
  5. Yunardhi, H. 2019. Analisa Kerusakan Jalan Dengan Metode PCI Dan Alternatif Penyelesaiannya (Studi Kasus: Ruas Jalan DI Panjaitan). Teknologi Sipil.
  6. Pemerintah Indonesia. 2011. Peraturan Menteri pekerjaan umum republic Indonesia Nomor 13/PRT/M/2011 tentang tata cara pemeliharaan dan penilikan jalan.
  7. Pemerintah Indonesia. 2011. Manual konstruksi dan bangunan No. 001-02 / M / BM / 2011 tentang perbaikan standar untuk pemeliharaan rutin jalan.
  8. ASTM D6433. Standard Practice for Roads and Parking Lots Pavement Condition Index Surveys.
  9. Pemerintah Kabupaten Lamongan. 2022. Peraturan Bupati Lamongan nomor 18 tahun 2022 tentang stansar harga satuan pemerintahan Kabupaten Lamongan tahun anggaran 2022