Main Article Content

Abstract

Perencanaan struktur atas Jembatan Rangka Bentang Panjang Tipikal pada Sungai Mahakam, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Perencanaan ini didasarkan oleh pertembuhan penduduk dan prasarana penghubung antara dua daerah. Struktur atas jembatan direncanakan menggunakan tipe rangka model warren truss dengan bentang total 598 m dan lebar 22 m. Jembatan ini direncanakan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Tinggi kebebasan bawah jembatan dipegarui muka air sungai dan tinggi perahu dimana pada kasus ini diambil sebesar 15 meter. Perencanaan struktur atas ini meliputi elemen-element struktur, dan estimasi biaya. Data yang dibutuhkan yaitu HSPK Samarinda 2017. LRFD (Load Resistance Factor Design) menggunakan Standart pembebanan SNI 1725:2016, untuk Standart perencanaan ketahanan gempa untuk jembatan menggunakan SNI 2833:2008 dan Perancanaan Struktur baja untuk Jembatan menggunakan SNI T 03-2005. Analisis Struktur menggunakan aplikasi bantu program StaadPro V8.i. Dari hasil perhitungan untuk profil gelagar jembatan menggunakan profil baja WF 1350.500.25.60. Struktur rangka jembatan menggunakan profil baja BOX 1200.1000.70.70, 1200.1000.50.50, 1200.1000.100.100, 1000.1000.60.60, 1000.1000.40.40, 1200.1000.45.45, dan WF 1000.600.20.35. Batang ikatan jembatan menggunakan profil baja WF 300.500.35.55, 350.450.10.19. Sambungan menggunakan baut berdiameter 32mm. Pipa sandaran menggunakan pipa diameter 3”. Rencana anggaran biaya yang dibutuhkan adalah sebesar Rp 9,681,457,376,456.

Keywords

jembatan rangka, Jembatan bentang panjang, Anggaran biaya.

Article Details

References

  1. Monika Eirine Tumimomor Servie O. Dapas, Melke R. I. A. J. Mondoringin. (2016). Analisis Penghubung Geser (Shear Connector) Pada Balok Baja dan Pelat Beton. Jurnal Teknik Sipil Universitas Sam Ratulangi Manado.
  2. Dewi Safitri L, Bernadinus Herbudiman. (2015). Kajian Perilaku Jembatan Cable Stayed terhadap Variasi Kemiringan Lantai Jembatan Studi Kasus: Jembatan Satu, Barelang. Jurnal Teknik Sipil Universitas, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Nasional.
  3. Djoko, Y. (2016). Standar Pembebanan Pada jembatan Menurut SNI 1725 2016. Jurnal Teknik Sipil Universitas Komputer Indonesia.
  4. Helmi, A. (2015). Re-Design Jembatan Nambangan Bantul Menggunakan Rangka Baja Type Warren. Jurnal Teknik Sipil Universitas Islam Indonesia.
  5. Nasional, B. S. (2005). SNI T 03-2005 Perencanaan Struktur Baja untuk Jembatan. Badan Standarisasi Nasional, Jakarta.
  6. Nasional, B. S. (2008). SNI 2833:2008 Standar perencanaan ketahanan gempa untuk jembatan. BSN. Jakarta.
  7. Nasional, B. S. (2016). SNI 1725: 2016 Pembebanan untuk Jembatan. BSN. Jakarta.
  8. Setiawan, A. (2008). Perencanaan Struktur Baja Dengan Metode LRFD. Jakarta: Erlangga.