Main Article Content

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat memberikan banyak manfaat pada pekerjaan konstruksi. Dalam beberapa pekerjaan konstruksi yang berkaitan dengan berbagai disiplin ilmu, acap kali menjumpai adanya inefisiensi dan inefektivitas selama proses perencanaan maupun pelaksanaan proyek. Maka diperlukan teknologi yang dapat menjadi solusi dalam perencanaan gedung agar lebih efisien dan saling terintegrasi yaitu Building Information Modeling (BIM). Salah satu software berbasis BIM yang mampu menganalisis struktur dan membuat detailing elemen struktur adalah Tekla Structural Designer 2019 dan Tekla Structures 2020. Tujuan dari skripsi ini adalah mengetahui hasil analisis dan desain elemen struktur atap, pelat lantai, balok, kolom, tangga, pondasi bored pile, pile cap, dan tie beam pada Gedung Co-working Space 4 Lantai Soekarno Hatta Kota Malang berbasis Building Information Modeling (BIM). Data yang dibutuhkan adalah data beban mati, beban hidup, beban angin, beban gempa, gambar teknik, dan data tanah. Analisis dan desain elemen struktur beton bertulang berbasis software Tekla Structural Designer 2019 dan rebar detailing menggunakan software Tekla Structures 2020. Dari hasil perhitungan diperoleh gaya geser dasar seismik sebesar 1673 kN. Struktur atap, pelat lantai, balok, tangga, dan tie beam menggunakan mutu beton fc’ 25 MPa. Struktur kolom, pondasi bored pile, dan pile cap menggunakan mutu beton fc’ 30 MPa. Mutu baja tulangan untuk semua elemen struktur beton menggunakan fy 400 MPa.

Keywords

perencanaan; struktur; Building Information Modeling (BIM); Tekla Structural Designer 2019; Tekla Structures 2020

Article Details

References

  1. Nawy, Edward G. 1990. Beton Bertulang Suatu Pendekatan Dasar, Bandung: PT. Eresco.
  2. Pamungkas dan Harianti. 2018. Struktur Beton Bertulang Tahan Gempa, Yogyakarta: ANDI OFFSET.
  3. Gegana, Greg. 2019. AUTODESK REVIT – Introduction, Jakarta: BIM Consultant.
  4. PUPR. 2018. Pelatihan Perencanaan Konstruksi Dengan Sistem Teknologi Building Information Modeling (BIM), Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
  5. SNI 1726: 2019, Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung.
  6. SNI 1727: 2013, Beban Minimum Untuk Perencanaan Bangunan Gedung dan Struktur lain.
  7. SNI 2847: 2019, Persyaratan Beton Struktural Untuk Bangunan Gedung.
  8. Ramadiaprani, Ranti. 2012. Aplikasi Building Information Modeling (BIM) Menggunakan Software Tekla Structures 17 Pada Konstruksi Gedung Kuliah Tiga Lantai Fahutan IPB, Bogor, Fakultas Teknologi Pertanian: Institut Pertanian Bogor.