Main Article Content

Abstract

Di beberapa desa masih sering ditemukan jembatan akses yang sudah tidak layak untuk ditempuh oleh beberapa warga desa. Banyak kerusakan-kerusakan pada jembatan yang mengakibatkan kekuatan jembatan tersebut menurun dari yang sudah direncanakan. Dengan begitu warga setempat merasa tidak aman jika melewati jembatan tersebut dikarenakan dapat mengakibatkan timbulnya korban jiwa apabila kerusakan jembatan terus terjadi tanpa adannya perbaikan. Menyadari akan pentingnya hal ini, Saya sebagai penulis mengambil sebuah penilitian analisis tentang perkuatan struktur jembatan pejalann kaki dengan sistem totally encased composite yang akan menghasilkan beberapa perbandingan kekuatan jembatan sebelum dan sesudah diperbaiki. Perencanaan pembebann untuk perkuatan jembatan pejalan kaki mengacu pada SNI terbaru yaitu Surat Edaran Menteri Pekerjaan Umum No. 02/SE/M/2010. Analisa statika struktur menggunakan aplikasi komputer STAAD Pro CONNECT EDITION dan penggambaran hasil perencanaan menggunakan program aplikasi komputer Auto CAD 2019. Dari analisis jembatan pejalan kaki ini dapat disimpulkan (1) Lendutan yang terjadi pada jembatan setelah perbaikan dari 84,1 mm menjadi 34,2 mm sehingga kenyamanan jembatan lebih baik dari sebelumnya (2) Rencana anggaran biaya perbaikan jembatan yang dibutuhkan adalah sebesar Rp 41.120.966,24.-

Keywords

struktur baja, repairing, strengthening.

Article Details

References

  1. Sherif El-Tawil, Assosiate Member, ASCE, and Gregory G.Deierlein, Assosiate Member,ASCE, 1999. Strength and Ductility of Concrate Encased Composite Columns.
  2. Muhammad Farid Nurul Iman, Hidayat Sugihardjo, Ananta Sigit Sidharta, 2012. Retrofitting Study of Composite Bridge Using Slab Link Due to Earthquake Load on Various Oprit Soil Conditions. Surabaya.
  3. National Standardization Agency for 2016. SNI 1725-2016. Loading For Bridges. Jakarta.
  4. BSN. (2005). Loading For Bridges. Rsni T-03-2005.
  5. Ministry of Public Works. (2010). Minister of Public Works Circular No. 02-SE-M-2010 concerning Implementation of Guidelines for Planning and Implementation of Suspension Bridge Construction for Pedestrians.
  6. IABSE 2010. ISBN 978-3-85748-124-6. Case Studies of rehabilitation, repair, Retrofitting, and Strengthening of Structures.
  7. Barker, R. M., & Puckett, J. A. (2013). Steel Bridges. In Design of Highway Bridges.
  8. Collings, D. (2013). Steel-concrete Composite Bridges Designing with Eurocodes.
  9. Keil, A. (2013). Pedestrian Bridges. In Pedestrian Bridges.
  10. Odrobiňák, J., Bujňák, J., & Žilka, J. (2012). Study on short span deck bridges with encased steel beams. Procedia Engineering.
  11. Bakhoum, M. M. (2010). Case Studies of Rehabilitation, Repair, Retrofitting, and Strengthening of Structures.
  12. Iman, M. F. N., Sugihardjo, H., & Sidharta, A. S. (2012). Composite Bridge Retrofitting Study Using Slab Link Due to Earthquake Load on Various Oprit Soil Conditions. 1 (1).
  13. Maris Setyo Nugroho, Ali Awaludin, Bambang Supriyadi, 2017. Planning of Pedestrian Bridges Using Community Forest Teak Wood as Construction Material. INERSIA, Vol. XIII No.2.
  14. Bridge Management System (BMS). 1993. Guide to Bridge Inspection, Directorate General of Highways, Ministry of Public Works, Republic of Indonesia. Jakarta.