Main Article Content

Abstract

Banjir menjadi masalah yang sering terjadi di bantaran Sungai Gunting, Kecamatan Sumiboto, Kabupaten Jombang. Mengecilnya kapasitas sungai akibat penumpukan sedimentasi dan penyempitan badan sungai yang terjadi karena faktor alam ataupun karena ulah manusia.
Beberapa cara dalam mengantisipasi dan mengendalikan banjir secara teknis maupun non teknis. Secara teknis dapat dilakukan normalisasi sungai dan tanggul, pembuatan alur pengendalian banjir (floodway), pembuatan retarding basin, pembuatan sudetan, dan pengendalian banjir dengan waduk. Sedangkan secara non-teknis dapat melalui manajemen daerah dataran banjir, pengaturan tata guna lahan di daerah aliran banjir, sosialisasi atau penyuluhan terhadap masyarakat tentang permasalahan banjir, dan pemanfaatan bantaran sungai yang ada.
Berdasarkan perhitungan didapat curah hujan rancangan sebesar 124,007 mm. Debit banjir Sungai Buntung dengan kala ulang 50 tahun sebesar 342,935 m3/detik. Berdasarkan analisa dengan kala ulang 50 tahun penampang eksisting tidak dapat menampung debit banjir rencana, maka direncanakan perbaikan sungai. Dimensi penampang sungai memakai bentuk trapesium. Hasil perencanaan tanggul didapat jagaan tanggul minimal 0,75 m dari muka air. Dengan hasil analisis durasi pekerjaan didapat dengan waktu Masa Pelaksanaan 469 hari Kalender. Berdasarkan Rencana Anggaran Biaya didapat sebesar Rp. 226.170.610.600.-

Keywords

Sungai, Banjir,Normalisasi Pengendalian Banjir, Dinding Turap, HEC-RAS

Article Details

References

  1. Hadisusanto, Nugroho. 2010, Aplikasi Hidrologi. Jogja: Jogja Mediautama.
  2. Hardiyatmo, Hary Christady. 2008, Teknik Fondasi 2. Jakarta: Beta offset.
  3. Istiarto. 2014. Modul Simulasi Aliran 1-Dimensi dengan bantuan Paket Program Hidrodinamika HEC-RAS.
  4. Kodoatie, Robert J. 2013. Rekayasa dan Manajemen Banjir Kota. Yogyakarta: Andi.
  5. Lampiran Peraturan Mentri Pekerjaan Umum. 2016.
  6. Peraturan Mentri Pekerjaan Umum no 12. 2014.
  7. Soemarto. 1995. Hidrologi Teknik. Jakarta: Erlangga.
  8. Soewarno. 1995. Hidrologi Aplikasi Metode statistik untuk analisa data Jilid 1. Bandung: Nova.
  9. Soewarno. 2014. Aplikasi metode data statistika untuk Analisis data Hidrologi. Yogyakarta: Graha Ilmu.