Main Article Content

Abstract

Jalan MT. Haryono merupakan kawasan pertokoan, rumah sakit, sekolah, kampus, pasar serta mall. Namun, beberapa permasalahan yang ditemui di lapangan diantaranya tidak tersedianya fasilitas pejalan kaki, kondisi trotoar rusak dan alih fungsi trotoar menyebabkan pejalan kaki menggunakan badan jalan untuk berjalan. Lokasi penelitian yang diambil sepanjang Persimpangan Dinoyo sampai Tandon Air Tlogomas dengan jarak kurang lebih 0,97 km yang dibagi menjadi 17 segmen pengamatan. Perencanaan desain jalur pejalan kaki yang baik akan memberikan rasa aman dan nyaman sehingga tidak menimbulkan bersinggungan, menghindari konflik serta tidak berjalan di badan jalan yang tentunya membahayakan keselamatan pejalan kaki. Metode yang digunakan dalam perencanaan ini berupa analisis kinerja fasilitas pejalan kaki dan desain jalur pejalan kaki. Berdasarkan hasil dan pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa perencanaan desain jalur pejalan kaki dengan lebar 1,50 m dengan asumsi kebutuhan dua orang. Kemiringan melintang trotoar sebesar 2 % untuk kepentingan penyaluran air permukaan dengan arah kemiringan permukaan disesuaikan dengan perencanaan drainase. Pelandaian yang direncakan diletakkan pada jalan jalan masuk, persimpangan dan tempat penyeberangan pejalan kaki dengan tingkat kelandaian 8 %.

Keywords

Pejalan Kaki, Tingkat Pelayanan, Perencanaan Desain

Article Details

References

  1. Artawan, A., Wedagama, P. M. D., & Mataram, K. (2013). Analisis Karakteristik Pejalan Kaki dan Tingkat Pelayanan Fasilitas Pejalan Kaki. Jurnal Ilmiah Elektronik Infrastruktur Teknik Sipil, 2(2).
  2. Kristantyo, C. (2019). Studi Evaluasi Prasarana Pejalan Kaki Pada Ruas Jalan Sekitar Kampus di Kota Malang (studi kasus: ITN Malang kampus 1, Unisma, UMM kampus3) (Doctoral dissertation, ITN Malang).
  3. Putra, S., Purbanto, R. G., & Negara, W. N. (2013). Analisis Tingkat Pelayanan Fasilitas Pejalan Kaki. Jurnal Ilmiah Elektronik Infrastruktur Teknik Sipil, 2(2).
  4. Tanan, N. (2011). Fasilitas Pejalan Kaki. Bandung, Kementerian Pekerjaan Umum Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan, hal, 22.
  5. Umum, D. P., & Rakyat, P. (2017). Perencanaan Teknis Fasilitas Pejalan Kaki. Pd 03-2017–B. Dirjen Bina Marga, Jakarta.
  6. Umum, D. P., & Rakyat, P. (2017). Perencanaan Teknis Fasilitas Pejalan Kaki. Pd 03-2017–B. Dirjen Bina Marga, Jakarta.