Main Article Content
Abstract
Meningkatnya jumlah (limbah ban bekas) yang menumpuk dan minimnya pengolahan sampah jenis ini tergolong sampah non-biodegradable yang dapat membahayakan lingkungan, mengingat semakin berkembangnya bata beton ringan yang membutuhkan semakin banyak material yang dapat terurai mengurangi berat bata beton ringan. Pemanfaatan limbah ban bekas berupa serbuk karet yang mempunyai berat jenis ± 1.09 g / mL mampu mereduksi massa jenis, karet juga memiliki sifat elastis yang memungkinkannya untuk menutupi beton sebelum pecah pada saat kuat tekan maksimum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis unjuk kerja batako ringan dengan crumb rubber sebagai pengganti agregat halus. Penelitian dilakukan di Laboratorium Beton Politeknik Negeri Malang dengan menggunakan 4 variasi crumb rubber yaitu agregat halus 0%, 25%, 50%, dan 75%. Setiap variaton dibuat menjadi 15 kubus dengan dimensi 15x15cm selama 7, 14, dan 28 hari proses curing sebelum melalui uji kuat tekan. Hasil penelitian menunjukkan crumb rubber mampu menurunkan berat beton hingga 29,8527%, 41,9009% dan 43,2396%. variasi kekuatan masing-masing dalam 28 hari, 0% untuk rendemen 30.293 Mpa, 25% untuk rendemen 5.0933 Mpa, 50% untuk rendemen 2.2844 Mpa, 75% untuk rendemen 1.5555 Mpa.
Keywords
Article Details
References
- Goritman. Birdyant, “Studi kasus perbandingan berbagai bata ringan dari segi material, biaya, dan produktivitas” J. Tek. Sipil, vol. 1, no. 1, 2012.
- Ovianti. Yetty Asri, “Pengaruh penggunaan steel fiber pada pembuatan beton mutu normal dengan substitusi copper slag sebagai pengganti pasir” J. Rks. Tek. Sipil, vol 1, no. 1, p. 155-159, 2018.
- Nursyamsi dan Vincent Theresa, “Pengaruh penambahan limbah plastik HDPE sebagai substitusi pasir pada campuran batako” . J. Tek. Sipil, vol 6, no 1, 2016.
- Saputri. Yulia Wahyu, “Pengaruh pemanfaatan serbuk karet ban terhadap kuat tekan paving block”, Balikpapan, 2018.
- Pabrik karet sento. https://www.industrikaret.com/karet-serbuk.html. 12 januari 2020.
- Satyarno. Imam, “Penggunaan serutan karet ban bekas untuk campuran beton”. J. Mda. Tek. no 4, 2006.
- SNI 03-0349-1989. Bata beton untuk pasangan dinding.
- Susanta. G, Dinding. Jakarta: Penebar Swadaya, (2007). [9] Heitzman, M. 1992. Design and Construction of Asphalt Paving Materials with Crumb Rubber Modifier. Transportation Research Record 1339. [10] SNI 03-4164-1996. Pengujian dinding pasangan batu bata.
References
Goritman. Birdyant, “Studi kasus perbandingan berbagai bata ringan dari segi material, biaya, dan produktivitas” J. Tek. Sipil, vol. 1, no. 1, 2012.
Ovianti. Yetty Asri, “Pengaruh penggunaan steel fiber pada pembuatan beton mutu normal dengan substitusi copper slag sebagai pengganti pasir” J. Rks. Tek. Sipil, vol 1, no. 1, p. 155-159, 2018.
Nursyamsi dan Vincent Theresa, “Pengaruh penambahan limbah plastik HDPE sebagai substitusi pasir pada campuran batako” . J. Tek. Sipil, vol 6, no 1, 2016.
Saputri. Yulia Wahyu, “Pengaruh pemanfaatan serbuk karet ban terhadap kuat tekan paving block”, Balikpapan, 2018.
Pabrik karet sento. https://www.industrikaret.com/karet-serbuk.html. 12 januari 2020.
Satyarno. Imam, “Penggunaan serutan karet ban bekas untuk campuran beton”. J. Mda. Tek. no 4, 2006.
SNI 03-0349-1989. Bata beton untuk pasangan dinding.
Susanta. G, Dinding. Jakarta: Penebar Swadaya, (2007). [9] Heitzman, M. 1992. Design and Construction of Asphalt Paving Materials with Crumb Rubber Modifier. Transportation Research Record 1339. [10] SNI 03-4164-1996. Pengujian dinding pasangan batu bata.