Main Article Content

Abstract

Ruas Jalan Bogo Kidul – Jalan Borolor, Kabupaten Kediri, Jawa Timur sepanjang 11,105 KM adalah jalan yang memiliki status jalan sebagai jalan kabupaten, dan memiliki klasifikasi jalan sebagai jalan kolektor primer. Jalan tersebut merupakan jalan alternatif yang menghubungkan Kabupaten Kediri dengan Kabupaten Jombang, sehingga jalan tersebut tergolong padat dan melebihi beban maksimal yang menyebabkan kerusakan pada ruas jalan tersebut. Berdasarkan hal tersebut yang mendasari pentingnya untuk dilakukannya evaluasi kerusakan perkerasan jalan menggunakan metode SDI untuk menentukan pemeliharaan jalan. Hasil survei kerusakan di ruas Jalan Bogo Kidul – ruas Jalan Borolor Kabupaten Kediri adalah ruas jalan dengan kondisi baik sepanjang 7,505 km, ruas jalan dengan kondisi sedang sepanjang 1,6 km, ruas jalan dengan kondisi rusak ringan sepanjang 0,4 km, ruas jalan dengan kondisi rusak berat sepanjang 1,6 km. Nilai rata-rata kerusakan jalan sebesar 56 (rusak sedang). Berdasarkan hasil penilaian kondisi jalan yang ada, maka direncanakan penanganan jalan dengan kondisi baik dan sedang dilakukan penanganan berupa perawatan rutin sepanjang 9,105 km, sedangkan jalan dengan kondisi rusak ringan dan rusak berat dilakukan penanganan berupa peningkatan jalan (overlay) sepanjang 2 km.

Keywords

evaluasi; SDI; tingkat kerusakan; penanganan kerusakan

Article Details

References

  1. Afnaniy, M. Rizki 2018 Analisis Kerusakan Perkerasan Jalan Menggunakan Metode Bina Marga (Studi Kasus Ruas Jl. Ikhwan Ridwan Rais – Jl. Raya Bandulan, Kota Malang). Jurnal Teknik Sipil Politeknik Negeri Malang.
  2. Ichsan, Sofyan M. Saleh, M. Isya. 2014 Studi Evaluasi tingkat kerusakan permukaan jalan untuk menentukan jenis penanganan dengan system penilaian menurut Bina Marga (Studi Kasus: Ruas
  3. Jalan Bireuen – Tekengon). Jurnal Teknik Sipil Pascasarjana. Universitas Syiah Kuala
  4. Undang-Undang No. 38 Tahun 2004 Tentang Jalan
  5. Buku Manual Perbaikan Standar untuk Pemeliharaan Rutin Jalan No. 001-02 / M / BM / 2011
  6. Buku Manual Perbaikan Standar untuk Pemeliharaan Rutin Jalan No. 001-02 / M / BM / 2011