Main Article Content

Abstract

Seiring dengan perkembangan dinamika masyarakatnya di Kecamatan Mojoagung terutama pada kawasan Desa Kademangan dapat menyebabkan banjir yang disebabkan berubahnya tutupan lahan dari daerah persawahan menjadi daerah permukiman, sarana dan prasarana lain seperti jalan raya. Skripsi ini bertujuan untuk mengevaluasi dan merencanakan jaringan drainase, gambar perencanaan eksisting, Rencana Anggaran Biaya, dan jadwal pelaksanaan proyek dengan menggunakan metode kurva S.
Pada pelaksnaannya dilakukan analisis hidrologi dan hidrolika. Analisis hidrologi dilakukan dengan tujuan menghitung debit rencana menggunakan metode rasional dan analisis hidrolika dilakukan untuk menghitung kapasitas saluran drainase eksisting. Sehingga dapat diketahui lokasi titik banjir yang terjadi dan perencanaan dimensi saluran yang baru.
Hasil penelitian dengan kala ulang 10 tahun berdasarkan pengukuran dispersi diperoleh distribusi yang cocok adalah Distribusi Log Pearson III dengan nilai debit rencana disetiap saluran dan sebagian besar saluran eksisting tidak mampu menampung debit banjir. Maka diperlukan perencanaan ulang untuk saluran yang tidak dapat menampung debit banjir dan hasil dari perencaan adalah gambar rencana, nilai Rencana Anggaran Biaya adalah Rp.2.794.165.433,04 dan rencana jadwal pelaksanaan proyek yang berdurasi 12 minggu.

Keywords

drainase, analisis hidrologi, analisis hidrolika, distribusi log pearson III, debit.

Article Details

References

  1. Anonim. 1997. Drainase Perkotaan. Jakarta: Gunadarma
  2. Chow, Van Te. 1997. Open Channel Hydraulics terjemahan E.V Nensi Rosalina. Jakarta:
  3. Hasmar, H. H. (2011). Drainasi Terapan. Uiipress.
  4. H. Bachtiar Ibrahim. 2001. Rencana dan Estimate Real of Cost. PT. Bumi Aksara. Jakarta
  5. Kamiana, I Made. 2011. Teknik Perhitungan Debit Rencana Bangunan Air. Yogyakarta: Graha Ilmu
  6. Loebis, Joesron. 1992. Banjir Rencana Untuk Bangunan Air. Jakarta: Yayasan Badan Penerbit Pekerjaan Umum
  7. Suripin. 2004. Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelangjutan. Yogyakarta: Andi Press
  8. Suryanti, I. 2013. Kinerja Evaluasi Sistem Jaringan Drainase Kota Semarapura di Kabupaten Klungkung, Jurnal Spektran, 1(1)
  9. Suyono, S. dan Takeda. 1980. Hidrologi Untuk Pengairan I. Jakarta: PT. Pradnya Paramita
  10. Husen, Ir. Abrar. 2011. Manajemen Proyek: Perencanaan, Penjadwalan, & Pengendalian Proyek.
  11. Umum, Peraturan Menteri Pekerjaan, and Perumahan Rakyat Nomor. "28/Prt." M/2016 (Permen 28/PRT/M/2016) Tentang Analisis Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum (2016).