Main Article Content

Abstract

Proyek Pembangunan Jalan Tol Balikpapan – Samarinda Seksi 2.2 yang dikerjakan oleh PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk. mempunyai panjang 9 km. Memerlukan penyusunan project planning agar proyek berjalan selesai tepat waktu dan biaya sesuai dengan rencana. Skripsi ini bertujuan untuk (1) menentukan strategi pelaksanaan (2) pengendalian mutu dan K3 (3) jadwal pelaksanaan (4) rencana anggaran biaya pelaksanaan proyek.
Data – data yang diperlukan dalam penyusunan project planning adalah desain gambar teknik, rencana kerja dan syarat (RKS), harga satuan dasar Kab. Kutai Kartanegara Tahun 2019. Dalam penyusunan jadwal digunakan MS.Project 2019 dan untuk perencanaan biaya pelaksanaan proyek menggunakan MS. Excel 2019.
Dari hasil penyusunan project planning didapatkan : (1) strategi pelaksanaan pekerjaan tanah, tanah dasar, lapis pondasi agregat, lantai kerja dengan pembagian 3 zona; pekerjaan rigid pavement: dikerjakan secara berururtan dari Sta. 38+125 s.d Sta 47+125; pekerjaan tiang pancang, Pile Cap dan Abutment: dikerjakan secara bergantian dari Abutment 1 ke Abutment 2; Pekerjaan Erection Girder: meggunakan Crawler Crane; plat lantai jembatan dan Parapet: dikerjakan secara bersamaan Abutment 1 dan Abutment 2; Pekerjaan Asphalt: dikerjakan dari jembatan 1 menuju jembatan 2. (2) rencana mutu yang ditukjukkan dengan SOP (prosedur operasi standar) dan serta rencana pengujian material di lapangan dan Rencana K3L dengan melengkapi daftar HIRADC untuk mengurangi potensi kecelakaan kerja pada pelaksanaan proyek (3) waktu pelaksanaan proyek selama 388 hari kalender (4) biaya pelaksanaan yang dibutuhkan sebesar Rp. 411.266.751.000,00.

Keywords

project planning, jalan tol

Article Details

References

  1. Dipohusodo, Istimawan. 1996. Manajemen Proyek dan Konstruksi Jilid 2. Yogyakarta: Kanisius.
  2. Husen, Abrar. 2009. Manajemen Konstruksi. Yogyakarta: Andi.
  3. Soeharto, Iman. 2001. Manajemen Konstruksi Profesional dari Konseptual sampai Operasional jilid 2. Jakarta: Erlangga.
  4. Widiasanti, Irika dan Lenggogeni. 2013. Manajemen Konstruksi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
  5. Ervianto, W. (1996). Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Bandung. Penerbit Refika Aditama
  6. Ervianto, W. (2002). Manajemen Proyek Konstruksi (Edisi revisi). Yogyakarta: And