Main Article Content

Abstract

Proyek pembangunan gedung apartemen BeSS Mansion Sarabaya memiliki total luas bangunan 86.000 m2. Gedung apartemen ini memiliki 44 lantai Tower Premiere, 42 lantai Tower Suite dan 9 lantai area parkir Tower Podium, gedung ini terletak di tengah kota Surabaya. Pembanguan gedung bertingkat memerlukan alat berat untuk mengangkut atau memindahkan material berupa Tower Crane. Tujuan analisa dari skripsi ini untuk menghitung jumlah kebutuhan Tower Crane, penjadwalan, biaya operasional, site layout, traffic management dan matriks HIRARC. Data yang digunakan adalah Shop drawing, spesifikasi Tower crane, dan harga sewa alat berat ToweVr Crane. Hasil perencanaan perhitungan ini, Tower Crane yang dibutuhkan untuk melakukan pelaksanaan pekerjaan struktur sebanyak 2 unit Tower Crane dengan waktu total pelaksanaan pekerjaan 5.592 jam. Dengan biaya sewa yang dibutuhkan untuk Tower Crane type MCT 205 sebesar Rp. 844.266,37 /jam dan untuk Tower Crane type Tengda TC 6018 sebesar Rp. 701.184,89 /jam. Pada analisa site layout menghasilkan 4 alternatif dan dipilih alternatif 2 karena mendekati angka 0 atau nilai paling minimum dan perencanaan dari traffic management menggunakan one gate system.

Keywords

Tower Crane, Produktifitas, Penjadwalan, Biaya Operasional, Site Layout, Traffic Management.

Article Details

References

  1. Abdelmegid, M.A, Shawki, K.M. and Khalek, H.A. 2015. GA Optimization Model for Solving Tower Crane Location Problem in Construction Sites. Alexandria Engineering Journal 54, 519-526.
  2. Elbeltagi, Emad dan Hegazy, Tarek. "Challenges and opportunities in Management and Technology", Incorporating First International Conference Site Management. Fisrt International Conference onConstruction in the 21st Century (CITC2002), April 2002.
  3. Ervianto, Wulfram I, 2008. Manajemen Proyek Konstruksi. Yogyakarta. Penerbit Andi
  4. Rostiyanti, Susy Fatena, 2008. Alat Berat Untuk Proyek Konstruksi. Jakarta : Penerbit PT. Rineka Cipta
  5. Suryadharma, Hendra. 1998. Alat-Alat Berat. Yogyakarta : Penerbit Universitas Atma Jaya