Main Article Content

Abstract

Plaza Surabaya adalah salah satu pusat perbelanjaan di Kota Surabaya dengan lahan parkir yang luas. Lokasinya yang cukup strategis ini memiliki dampak peningkatan aktivitas sehingga dapat mengurangi kenyamanan para pengunjung yang keluar-masuk area parkir tersebut. Menurut beberapa masyarakat, tarif parkir yang berlaku dinilai cukup mahal apabila dibandingkan dengan fasilitas yang disediakan. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengoptimalkan kondisi parkir dengan penambahan fasilitas diikuti dengan beberapa alternatif diantaranya alternatif 1 yaitu tarif dinaikkan serta alternatif 2 yaitu tarif progresif. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini yaitu data survei parkir kendaraan, kuisioner, denah parkir eksisting, serta biaya operasional parkir. Untuk memperoleh data primer dilakukan pengamatan langsung di lapangan selama jam operasional mall berlangsung. Proses pengamatan dilakukan dengan situasi yang terbatas karena bersamaan dengan terjadinya pandemi Covid-19. Hasil analisis diperoleh, tingkat pergantian parkir sebanyak 2 kendaraan/SRP/hari untuk mobil dan motor dengan pendapatan parkir bersih eksisting mobil Rp. 3.468.960.000,- dan motor sebesar Rp. 1.460.000.000,- dalam setahun. Nilai tarif WTP berdasarkan jenis pekerjaan yaitu sebesar Rp. 6.955,-. Pada pola parkir sudut 60o diperoleh kapasitas parkir mobil dan motor sebanyak 650 SRP dan 673 SRP. Pendapatan parkir optimum yaitu pada alternatif 1 diperoleh Rp. 5.694.000.000,- untuk mobil dan pendapatan parkir motor sebesar 2.456.450.000,-

Keywords

optimalisasi, karakteristik parkir, pendapatan parkir.

Article Details

References

  1. Numberi, A., Bahtiar , P., & Numberi, J. J, “Analisis Karakteristik Parkir Terhadap Kebutuhan Ruang Parkir Di Pasar Central Hamada Kota Jayapura,” Jurnal Asiimetrik: Jurnal Ilmiah Rek. & Inovasi, vol. 3, no. 1, p. 59, Jan. 2021.
  2. S. R. Fitri, “Optimasi Jalur Distribusi Produk dengan Menggunakan Metode Saving Matrix Untuk Penghematan Biaya Operasional,” Jurnal Valtech, vol. 1, no. 1, p. 103, 2018.
  3. R. Safitri, “Evaluasi Tarif Angkutan Umum Berdasarkan Ability To Pay (ATP) Dan Willingness To Pay (WTP) Di Kota Pangkalpinang,” Jurnal Fropil, vol. 4, no. 2, p. 158. Jul-Des 2016.
  4. Chintya. P. S, “Optimasi Parkir Terhadap Pendapatan Parkir di Plaza Surabaya,” Skripsi. Malang. Politeknik Negeri Malang. 2021.
  5. Direktur Jendral Perhubungan Darat, “Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir,” Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas dan Angkutan Kota. Mar 1998.