Main Article Content

Abstract

Proyek Pembangunan Gedung Perpustakaan Universitas Islam Internasional Indonesia Depok memiliki luas bangunan 16495 m2. Perpustakaan ini terdiri dari 8 lantai, yang terletak di tengah kota. Sehingga, dapat memudahkan memobilisasi alat dan material. Tujuan kajian ini adalah untuk membuat project planning dalam hal struktur organisasi, site layout, traffic management, strategi dan metode pelaksanaan, mutu, keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan (K3L); Rencana Anggaran Pelaksanaan Proyek dan Penjadwalan. Data yang digunakan adalah shop drawing, Rencana Kerja dan Syarat, dan HSD Kota Depok tahun 2020. Perencanaan jadwal proyek menggunakan metode Barchart dengan bantuan Aplikasi MS. Project 2016. Perencanaan ini menghasilkan struktur organisasi tipe garis dimana pimpinan dan bawahan berada dalam satu garis komando; Site Layout dengan menggunakan 1 unit tower crane; Perencanaan Traffic Management menggunakan one gate system; Strategi pelaksanaan menggunakan 2 zona; Metode pelaksanaan menggunakan Bottom Up, dimulai dari zona 1 kemudian dilanjutkan pada zona 2 sampai lantai 8; Rencana mutu berdasarkan penerapan SOP (Standard Operating Procedure); Rencana K3L meliputi identifikasi bahaya, rencana peralatan HSE, dan jadwal pelaksanaan HSE; Rencana durasi proyek 43 minggu, dan Rencana Anggaran Pelaksanaan Rp.151.141.347.875.

Keywords

Project Planning, Bottom-Up, jadwal, biaya, kurva S.

Article Details

References

  1. Ervianto, Wulfram I. 2006. Manajemen Proyek Konstruksi. Yogyakarta: Andi
  2. Asiyanto. 2006. Metode Konstruksi Gedung Bertingkat. Jakarta: UI-Press
  3. Husen, Abrar. 2011. Perencanaan Penjadwalan & Pengendalian Proyek. Yogyakarta: CV Andi Offset. Sastraatmadja, Soedrajat. 1994. Analisa Anggaran Biaya Pelaksanaan. Bandung: Nova.
  4. Husen, Abrar. 2011. Perencanaan Penjadwalan & Pengendalian Proyek. Yogyakarta: CV Andi Offset. Sastraatmadja, Soedrajat. 1994. Analisa Anggaran Biaya Pelaksanaan. Bandung: Nova.
  5. Soeharto, Iman. 1995. Manajemen Proyek : Dari Konseptual Sampai Opeasional Jilid 1. Jakarta: Erlangga
  6. Permenaker RI Nomor PER.04/MEN/1987 tentang Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Tata Cara Penunjukan Ahli Keselamatan Kerja.
  7. OHSAS 18001:2007. Occupation health and Safety Management System Requirements