Main Article Content

Abstract

Proyek Pembangunan Bendungan Semantok Paket I merupakan proyek milik Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas. Dalam sebuah bendungan agar tidak terjadi rembesan air pada pondasi bendungan, maka diperlukan perbaikan pondasi. Bendungan Semantok menggunakan Secant Pile sebagai perbaikan pondasinya. Disisi lain terdapat perbaikan pondasi lain yaitu Diaphragm Wall yang juga memiliki fungsi yang sama dengan Secant Pile. Analisa Perbandingan Secant Pile dengan Diaphragm Wall ini bertujuan untuk membandingkan metode yang paling efisien dengan parameter K3L, Waktu dan Biaya yang dibutuhkan. Data-data yang diperlukan dalam penyusunan Analisa Perbandingan yaitu gambar rencana kerja Secant Pile dan Diaphragm Wall, spesifikasi teknis pekerjaan perbaikan pondasi, dan harga satuan pekerjaan Kabupaten Nganjuk tahun 2021. Penyusunan Analisa risiko dalam K3L menggunakan HIRARC, jadwal pelaksanaan pekerjaan menggunakan program Microsoft Project 2016 dan rencana biaya menggunakan program Microsoft Excel 2019. Hasil dari Analisa Perbandingan ini diperoleh adalah Diaphragm Wall lebih efisien dari segi metode pelaksanaan, K3L, waktu, dan juga biaya dari pada Secant Pile. Pada Secant Pile terdapat 43 risiko kecelakaan, dengan total waktu pengerjaan 301 hari, serta biaya yang dibutuhkan Rp. 198,009,706,092.05. Pada Diaphragm Wall terdapat 41 risiko kecelakaan, dengan total waktu pengerjaan 74 hari, serta biaya yang dibutuhkan Rp. 149,974,022,220.27.

Keywords

perbandingan, secant pile, diaphragm wall

Article Details

References

  1. Husen, Abrar. 2008. Manajemen Proyek, Perencanaan, Penjadwalan dan Pengendalian Proyek. Yogyakarta : Andi
  2. Departemen of Occupational Safety and Health. 2008. Guidelines for Hazard Identification, Risk Assessment and Risk Control. Malaysia
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 50. 2012. Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja.
  4. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia No. 28/PRT/M/2016. Pedoman Analisis Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum.