Main Article Content

Abstract

Kemajuan teknologi merupakan salah satu tantangan tersendiri di bidang teknik sipil. BIM (Building Information Modeling) merupakan salah satu contoh kemajuan teknologi yang dapat digunakan untuk pelaksanaan proyek konstruksi. Aplikasi BIM yang digunakan adalah aplikasi Infraworks Autodesk, Naviswork Autodesk dan Revit Autodesk. Penerapan BIM ini di pusatkan pada pembangunan proyek jembatan Umbul Kaji Kabupaten Malang. Penggunaan aplikasi Infraworks Autodesk dimaksudkan agar mempermudah penempatan bangunan fasilitas dengan langsung meletakkan bangunan sesuai dengan kondisi topografi. Selanjutnya untuk aplikasi Naviswork Autodesk digunakan agar visualisasi progress penjadwalan sesuai dengan perencanaan. Kemudian aplikasi Revit Autodesk dipergunakan untuk pemodelan 3D hingga mendapatkan volume konstruksi, volume penulangan dan harga pelaksanaan proyek konstruksi. Berdasarkan hasil perencanaan dan perhitungan, struktur organisasi yang digunakan adalah struktur organisasi fungsional. Tata letak berdasarkan Travelling Distance (TD) dan Safety Index (SI) maka dipilih penempatan alternatif 3 dengan nilai TD sebesar 100131 dan SI sebesar 730. Metode pelaksanaan jembatan untuk erection girder menggunakan metode launching gantry. Dalam penyusunan penjadwalan dengan bantuan Microsoft Project dan Naviswork Autodesk maka didapatkan waktu pelaksanaan proyek 230 hari. Serta dengan bantuan Revit Autodesk biaya pelaksanaan proyek Jembatan Umbul Kaji sebesar Rp 46.591.603.677,-.

Keywords

building information modelling (BIM), jembatan, metode pelaksanaan, penjadwalan, anggaran biaya pelaksanaan

Article Details

References

  1. A. Husen, Manajemen Proyek, Yogyakarta: Andi Offset, 2011.
  2. W. I. Ervianto, Manajemen Proyek Konstruksi, Yogyakarta: Andi, 2005.
  3. D. Kurniawan, “Optimasi Site Layout Menggunakan Multi-Objectives Function (Studi Kasus pada Proyek Pembangunan Graha Rektorat Universitas Negeri Malang Tahap III),” Naskah Publikasi, pp. 2-7, 2015.
  4. J. K. Charano and F. Lualdi, “Jenis-Jenis Metode Operasional yang digunakan untuk Pemasangan Girder pada Jembatan di Indonesia,” pp. 12-13, 2020.
  5. H. A. Rani, Manajemen Proyek Konstruksi, Yogyakarta: Deepublish, 2016.
  6. P. M. P. U. d. P. Rakyat, Pedoman Analisis Harga Satuan Pekerjaan, 2016.
  7. H. Kusumartono, A. Krisbandono, G. P. Permana, N. Andarwati, A. Indraprastha, A. R. Widyastuti, A. Irsan and A. Rahman, Panduan Adopsi BIM dalam Organisasi, Jakarta Selatan: Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi, 2018.