Main Article Content

Abstract

Site layout yang optimal dapat mempermudah pelaksanaan pengerjaan proyek dan meningkatkan produktivitas kerja di Lapangan. Proses penempatan fasilitas pada site layout bukan pekerjaan yang mudah karena masing-masing fasilitas dapat ditempatkan di lokasi yang berbeda-beda. Tujuan penelitian ini adalah menentukan site layout yang paling optimal. Data penelitian ini berupa gambar site layout, jenis fasilitas sementara proyek, jarak antar fasilitas, dan frekuensi perpindahan tenaga kerja. Data dianalisis menggunakan metode multi objective function untuk mendapatkan hasil yang optimal. Site layout yang paling optimal diketahui dari 6 alternatif pemindahan fasilitas proyek untuk mendapatkan site layout yang mempunyai nilai Travelling Distance terpendek dan nilai Safety Index terkecil. Hasil analisis dari 6 alternatif yang ditawarkan, didapat dari nilai Travelling Distance yang paling optimum pada alternatif 5 sebesar 65406,81m atau mengalami penurunan sebesar 1,60% dari kondisi eksisting. Hasil perhitungan nilai Safety Index paling minimum terdapat pada alternatif 5 dengan nilai sebesar 1882,28 atau mengalami penurunan sebesar 3,33% dari kondisi eksisiting. Site layout paling optimum menggunakan presentase masing- masing 30% untuk nilai Travelling Distance dan 70% untuk nilai Safety Index, adalah Alternatif 5 dengan nilai sebesar 1,00 atau mengalami penurunan 2,99% dari kondisi eksisting.

Keywords

optimasi, site layout, travelling distance, safety index, multi objective function

Article Details

References

  1. Adhika, H. D. (2017). Optimasi site layout menggunakan multi-objectives function pada proyek pembangunan Transmart Rungkut Surabaya (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).
  2. Effendi, D. T., Adi, T. J. W., & Putri, Y. E. (2012). Optimasi (Unequal) Site Layout Menggunakan Multi-Objectives Function Pada Proyek Pembangunan Apartemen Puncak Kertajaya Surabaya. Jurusan Teknik Sipil. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
  3. Rahayu, A. T. (2015). Optimasi Antena Pengarah Model Yagi untuk Meningkatkan Penguatan dan Jangkauan Pemancar Radio (Doctoral dissertation, UII, Yogyakarta).
  4. Pradana, E., & Nurcahyo, C. B. (2014). Analisis Tata Letak Fasilitas Proyek Menggunakan Activity Relationship Chart dan Multi-Objectives Function pada Proyek Pembangunan Apartemen De Papilio Surabaya. Jurnal Teknik ITS, 3(2), D131-D136.
  5. Pranarka, D., & Adi, T. J. W. (2012). Optimasi (Equal) Site Layout Menggunakan Multi- Objectives Function Pada Proyek A. Jurnal Teknik ITS, 1(1), D72-D75
  6. Kurniawan, D., Unas, S. E., & Zacoeb, A. (2015). Optimasi site layout menggunakan multi- objectives function (Studi Kasus Pada Proyek Pembangunan Graha Rektorat Universitas Negeri Malang Tahap III). Jurnal Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil, 1(2), pp-25